Wahdanatul Warida, - (2021) Analisis Mispersepsi Nasabah Atas Kebijakan Pemerintah Tentang Dispensasi Pembayaran Kredit Bagi Nasabah Terdampak Covid-19 Di PT. Adira Dinamika Multi Finance Cabang Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah.
Text
Wahdanatul Warida_E20171185.pdf Download (60MB) |
Abstract
Wahdanatul Warida, Toton Fanshurna, M.E.I, 2021 Analisis Mispersepsi Nasabah Atas Kebijakan Pemerintah Tentang Dispensasi Pembayaran Kredit Bagi Nasabah Terdampak Covid-19 Di PT. Adira Dinamika Multi Finance Cabang Jember PT. Adira Dinamika Multi Finance merupakan suatu perusahaan yang bergerak disektor pembiayaan konsumen, PT. Adira Dinamika Multi Finance hadir untuk melayani beragam pembiayaan seperti kendaraan bermotor baik baru maupun bekas. Lembaga ini menyalurkan dananya kepada nasabah dalam bentuk kredit. penyauran kredit tentunya mengandung banyak resiko, karena adanya keterbatasan kemampuan manusia memprediksi masa yang akan datang seperti masa Covid-19 ini, untuk itu lembaga keuangan harus berusaha menekan resiko muncul kredit bermasalah seperti mispersepsi nasabah atas kebijakan pemerintah terkait dispensasi pembayaran kredit bagi nasabah yang terdampak covid-19. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana persepsi nasabah atas kebijakan pemerintah tentang dispensasi pembayaran kredit bagi nasabah terdampak covid-19 di PT. Adira Dinamika Multi Finance Cabang Jember?. 2) Bagaimana bisa terjadi mispersepsi atas kebijakan pemerintah tentang dispensasi pembayaran kredit bagi nasabah terdampak covid-19 di PT. Adira Dinamika Multi Finance Cabang Jember?. 3) Bagaimana kebijakan PT. Adira Dinamika Multi Finance Jember terhadap nasabah yang mengalami kredit bermasalah akibat mispersepsi ? Tujuan penelitian ini dilakukan: 1) untuk mengetahui persepsi nasabah atas kebijakan pemerintah tentang dispensasi pembayaran kredit bagi nasabah terdampak covid-19 di PT. Adira Dinamika Multi Finance Cabang Jember. 2) untuk mengetahui penyebab terjadinya mispersepsi terhadap kebijakan pemerintah tentang dispensasi pembayaran kredit bagi nasabah terdampak covid19 di PT. Adira Dinamika Multi Finance Cabang Jember. 3) untuk mengetahui kebijakan PT. Adira Dinamika Multi Finance Cabang Jember terhadap nasabah yang mengalami kredit bermasalah akibat mispersepsi. Untuk mengidentifitasi permasalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Nasabah beranggapan kebijakan dispensasi tersebut secara otomatis terserver tanpa laporan ke pihak Adira terlebih dahulu, secara tidak langsung nasabah tersebut telah melakukan wanprestasi terhadap kewajibannya. 2)Karena nasabah beranggapan bahwa kebijakan tersebut sudah otomatis terserver ke perusahaan. 3)Kebijakan PT Adira yaitu dengan cara merestruktur semua nasabah sesuai dengan anjuran kebijakan pemerintah dan memberikan pemahaman mengenai kebijakan tersebut, hal tersebut berlangsung 2 bulan hingga OJK mengeluarkan kebijakan mengenai kriteria nasabah yang mendapatkan restruktur dimasa covid-19. Kata Kunci: Kebijakan Pemerintah, Mispersepsi, Kredit bermasalah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 27 May 2022 09:59 |
Last Modified: | 27 May 2022 09:59 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6770 |
Actions (login required)
View Item |