Implementasi Strategi Promotion Mix Dalam Meningkatkan Jumlah Distributor Pada PT. Natural Nusantara Stokis P.1969.

Siti Hozamatul Mareta, - (2021) Implementasi Strategi Promotion Mix Dalam Meningkatkan Jumlah Distributor Pada PT. Natural Nusantara Stokis P.1969. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Progam Studi Ekonomi Syariah.

[img] Text
SITI HOZAMATUL MARETA_E20162085.pdf

Download (6MB)

Abstract

Siti Hozamatul Mareta, Dr. Moch. Chotib, S.Ag., MM, 2020 : Implementasi Strategi Promotion Mix Dalam Meningkatkan Jumlah Distributor Pada PT. Natural Nusantara Stokis P.1969. Pada era globalisasi ini kita ketahui bahwa setiap perusahaan pasti dihadapkan pada persaingan dalam memasarkan produk maupun jasanya. Persaingan tersebut tentunya tidak dapat dihindari oleh perusahaan, semakin tinggi tingkat persaingan akan semakin tinggi pula tingkat kreatifitas suatu perusahaan. Maka dari itu setiap perusahaan harus mempunyai senjata tangguh untuk memenangkan persaingan, salah satu upaya yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan menerapkan strategi pemasaran. Fokus penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana implementasi strategi promotion mix dalam meningkatkan jumlah distributor pada PT. Natural Nusantara stokis P.1969?, 2) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan promotion mix pada PT. Natural Nusantara stokis P.1969? Tujuan penelitian yaitu 1) untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi promotion mix dalam meningkatkan jumlah distributor pada PT. Natural Nusantara stokis P.1969 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan promotion mix pada PT. Natural Nusantara stokis P.1969. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Selain itu, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Kegiatan promotion mix yang dilakukan oleh PT. Natural Nusanatara Stokis P.1969 berupa kegiatan periklanan (advertising), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Hubungan Masyarakat ( Public Relation ), Penjualan Personal ( Personal Selling ), Pemasaran Langsung (direct marketing). 2) Berdasarkan analisis data tabel menggambarkan peningkatan jumlah distributor pada PT. Natural Nusantara Stokis P.1969 pada periode 2017-2020. Pada tahun 2017 jumlah distributor sebanyak 56 distributor, pada tahun 2018 sebanyak 125 distributor, pada tahun 2019 sebanyak 286 distributor, dan pada tahun 2020 sebanyak 314 distributor. 3). Adanya faktor pendukung dan penghambat dalam melakukan kegiatan promotion mix pada PT. Natural Nusantara Stokis P.1969 antara lain: a. faktor pendukung yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki banyak distributor di dalam maupun diluar daerah, citra perusahaan, pembinaan terhadap para distributor dan lokasi atau tempat toko yang strategis. b. faktor penghambat yaitu persaingan perusahaan, karena banyaknya perusahan yang bergerak dibidang yang sama, harga juga menjadi faktor penghambat karena harga produk relatif mahal, dan yang terakhir produk, karena produk yang dikeluarkan adalah produk herbal yang efek dan khasiatnya memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan produkproduk yang menawarkan efek dan khasiat yang lebih cepat. Kata Kunci : Promotion Mix

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 30 May 2022 01:10
Last Modified: 30 May 2022 01:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6805

Actions (login required)

View Item View Item