Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso

Mochammad, hasan bazri (2022) Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MOCHAMMAD HASAN BAZRI_T20183007.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

M Hasan Bazri, 2022: Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peseta didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso.
Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Budaya Disiplin Peserta didik
Budaya Disiplin di sebuah sekolah merupakan suatu yang sangat peting untuk di tanamkan dan dilakukan pembiasaaan setaip harinya baik itu peserta didik, guru, maupun pihak sekolah lainnya dengan tujuan meningkatkan dan membentuk kepribadian (karakter) yang baik
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik di MAN Bondowoso? 2) Bagaimana Pelaksanaan Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta di MAN Bondowoso? 3) Bagaimana Evaluasi Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik di MAN Bondowoso? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Perencanaan Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta di MAN Bondowoso. 2) Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik di MAN Bondowoso. 3) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Budaya Disiplin Peserta Didik di MAN Bondowoso.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles Huberman dengan langkah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini: 1) Perencanaan dilaksanakan setiap awal tahun untuk merencanakan system tata tertib, pemberian reward, tindakan yang di larang sekaligus kualifikasi dalam menentukan hukuman dan ada pembentukan structural tim tata tertib semua itu disusun secara sistematis oleh semua pihak dengan berdasarkan analisis kelamahan dan kekuatan internal. Adapun dana untuk pengadaan fasilitas dan penunjang dalam kedisipinan bersumber dari infak guru dan siswa di madrasah. 2) Pelaksanaan di awali dengan memberikan sosialisasi di masa pengenalan orietasi siswa, selalu mengawasi dan memberikan pembiasaan keidisplinan seperti mengaji sebelum pelajaran, sholat duha dan duhur di awal waktu, memberikan motivasi kepada para peserta didik yang berprilaku indisipliner serta mencatat namanya di buku pelanggaran siswa. Dalam hal pelaksanaan juga ada pemberian reward/penghargaan dalam kegiatan IDB untuk menumbuhkan jiwa kompetetif peerta didik dalam hal kedisiplinan. Dalam membetuk karakter siswa, dapat dilaksanakan melalui metode keteladanan, nasihat, pembiasaan, dan pemberian motivasi. 3) evaluasi dilaksanakan dengan pengawasan dan pembinaan siswa baik ketika pelaksanaan kegiatan maupun pasca pelaksanaan. evaluasi ini dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan program dalam mencapai tujuan dalam membentuk karakter disiplin siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms MOCHAMMAD HASAN BAZRI Bazri
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:48
Last Modified: 06 Jun 2022 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6821

Actions (login required)

View Item View Item