Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Xii Jurusan Keagamaan Tahfidz Di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2021/2022

Devi, Listrianingsih (2022) Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Xii Jurusan Keagamaan Tahfidz Di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Devi Listrianingsih_T20183001.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Devi Listrianingsih, 2022: Pengaruh Manajemen Kesiswaan terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XII Jurusan Keagamaan Tahfidz di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2021/2022 Kata kunci: Manajemen Kesiswaan, Prestasi Belajar Penelitian ini di latarbelakangi oleh Manajemen kesiswaan yang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap prestasi belajar. Manajemen kesiswaan sangat penting karena memiliki peran untuk mengelola segala aktivitas yang berkaitan dengan peserta didik, dengan adanya pengelolaan tersebut diharapkan dapat memberikan tatanan yang lebih maksimal sehingga proses pendidikan akan mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Kegiatan-kegiatan tersebut baik berupa kegiatan untuk layanan siswa baik didalam kelas maupun diluar kelas mulai dari pengenalan, pengembangan sampai siswa siap untuk mengikuti kegiatan. Tidak hanya asal menampung peserta didik tetapi ada pengelolaan yang jelas agar outputnya dapat maksimal. Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana Manajemen Kesiswaan Kelas XII Jurusan Keagamaan Tahfidz di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? 2). Bagaimana Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XII Jurusan Keagamaan Tahfidz di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? 3). Adakah Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas XII Jurusan Keagamaan Tahfidz di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso? Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal, menggunakan metode penelitian survey yang dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Populasi meliputi seluruh siswa dan siswi kelas XII Agama 1 dan XII Agama 2 yang berjumlah 61. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS Statistics 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Manajemen Kesiswaan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 68%. 2). Prestasi Belajar di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso dalam kategori tinggi dengan presentase sebesar 68%. 3). Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen kesiswaan terhadap prestasi belajar di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso dengan hasil uji t diperoleh nilai sig X sebesar 0,373 lebih besar dari 0,05. Diperoleh juga nilai thitung sebesar 0,906 lebih kecil dari ttabel 2,045 Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen kesiswaan tidak terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Devi Listrianingsih Devi
Date Deposited: 30 May 2022 07:39
Last Modified: 30 May 2022 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6822

Actions (login required)

View Item View Item