Implementasi Service Quality Di Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Banyuwangi.

Adam Fatkhul Mujib, - (2021) Implementasi Service Quality Di Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah.

[img] Text
ADAM FATKHUL MUJIB_E20162025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Adam Fatkhul Mujib, Rini Puji Astuti, S.Kom., M.Si 2020: Implementasi Service Quality Di Perusahaan Umum Daerah Air Minum Kabupaten Banyuwangi. Service quality (kualitas pelayanan) merupakan suatu bentuk penelitian konsumen terhadap tingkat pelayanan yang di terima dengan tingkat layanan yang diharapkan. Bila harapan pelanggan dilampaui oleh pelayanan yang dirasakan maka kualitas pelayanan, sangat berkualitas. Bila pelayanan yang dirasakan tidak sesuai dengan yang diharapkan pelanggan maka kualitas pelayanan yang diberikan tidak memuaskan. Fokus penelitian dalam penelitian ini: (1) Bagaimana implementasi service quality di perusahaan daerah air minum Kabupaten Banyuwangi? (2) Apa dampak implementasi service quality di perusahaan daerah air minum Kabupaten Banyuwangi ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi service quality di perusahaan daerah air minum Kabupaten Banyuwangi. (2) Dampak implementasi service quality di perusahaan daerah air minum Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualilatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan teknik sumber data, dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Implementasi service quality yang ada di perusahaan umum daerah air minum Kabupaten Banyuwangi berpatokan kepada peraturan SOP yang berlaku dan di setujui bersama oleh perusahaan. Dalam mewujudkan pelayanan yang baik kepada pelanggan, perusahaan umum daerah air minum Kabupaten Banyuwangi pelanggan dengan mudah medapatkan tiket dengan terjangkau, seperti tersedianya karyawan yang baik, sarana dan prasarana, bertanggung jawab, dan mampu memahami kebutuhan pelanggan, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas utama dari Perusahaan Umum Daerah Air Minum kabupaten Banyuwangi. Agar para karyawan bisa memberikan kualitas pelayanan yang baik bagi perusahaan umum daerah air minum Kabupaten Banyuwangi, terus membukukan kinerja positif. Secara berkelanjutan, agar perusahaan tumbuh dengan indikator-indikator yang menunjukkan peningkatan. Pertumbuhan positif itu didorong oleh perluasan cakupan layanan, perbaikan serta penambahan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas tata kelola perusahaan, strategi operasional berbasis efesiensi dan efektivitas, serta dukungan dari pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan seluruh elemen masyarakat. (2) Dampak implementasi service quality di perusahaan umum daerah air minum Kabupaten Banyuwangi, yaitu kualitas pelayanan (service quality) perusahaan umum daerah air minum Kabupaten Banyuwangi mendapat respon positif dari pelanggan. Ketika ada komplain dari pelanggan mengenai pipa yang bocor, air macet, penyaluran air tidak merata ketika ada permasalaan seperti itu respon dari pihak perusahaan umum daerah air minum Kabupaten Banyuwangi langsung mengkonfirmasi menangani keluhan dari pelanggan tersebut. Karena kualitas pelayanan itu sangat penting bagi perusahaan. Kata kunci: Implementasi, Service Quality, PUDAM Banyuwangi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 30 May 2022 02:37
Last Modified: 30 May 2022 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6825

Actions (login required)

View Item View Item