Fahrurohim Hamdani, - (2021) STRATEGI MINIMARKET (INDOMART DAN ALFAMART) DALAM MENAMBAH PELUANG USAHA BAGI UMKM DI KELURAHAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah.
Text
FAHRUROHIM HAMDANI_083 144 101.pdf Download (4MB) |
Abstract
Fahrurohim Hamdani , 2021 : STRATEGI MINIMARKET (INDOMART DAN ALFAMART) DALAM MENAMBAH PELUANG USAHA BAGI UMKM DI KELURAHAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER Menurut klasifikasinya,saat ini pasar dapat dibedakan menjadi dua yaitu, pasar modern dan pasar tradisional. Akan tetapi,perkembangan pasar modern di Indonesia meningkat lebih pesat dibandingkan perkembangan pasar tradisionalnya. Pembangunan pasar modern yang berkembang pesat, dirasakan oleh banyak pihak berdampak terhadap eksistensi pasar tradisional dan para pelaku usaha sejenis disekitarnya. Berdasarkan latar belakang di atas maka fokus penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut (1). Bagaimana strategi mini market dalam menambah peluang usaha bagi UMKM?(2). Apa saja kontribusi mini market dalam menambah peluang usaha bagi UMKM? Tujuan Penelitian (1).Untuk mendeskripsikan strategi mini market dalam menambah peluang usaha bagi UMKM. (2).Untuk mendeskripsikan kontribusikontribusi minimarket dalam menambah peluang usaha bagi UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya studi kasus. Dalam penentuan subyek data penelitian ini menggunakan Purposive, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan dan analisis data yang diperoleh tentang pengembangan UMKM terhadap minimarket (indomaret dan alfamart) di kelurahan Kaliwates kabupaten Jember, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) UMKM di kembangkan awalnya terjadi karena keinginan pemilik minimarket (indomaret dan alfamart)untuk mengembangkan UMKM agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar minimarket, dengan berkembangnya minimarket membantu warga sekitar mengembangkan usahanya di depan minimarket. Pengembangan dilakukan untuk meningkatkan kualitas UMKM serta agar semakin banyak yang mengetahui produk UMKM. Pengembangan yang dilakukan UMKM meliputi pengembangangan objek daya tarik konsumen, bentuk pengembangannya adalah menambah sarana dan prasarana serta membuat paket promo yang menarik konsumen. Selanjutnya melakukan pengembangan pemasaran, dimana kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh UMKM dengan memanfaatkan internet atau bisa dikatakan menggunakan model pemasaran Emarketing. 2) Kontribusi yang diberikan oleh minimarket untuk pemgembangan UMKM dengan memberikan fasilitas berupa wifi untuk melakukan penjualan secara online. dalam mengembangkan SDM pemilik UMKM dengan adanya kerjasama dengan berbagai lembaga atau berbagai pihak. Kerjasama tersebut yaitu dengan melakukan beberapa pelatihan untuk meningkatkan SDM masyarakat`
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 30 May 2022 02:37 |
Last Modified: | 30 May 2022 02:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6828 |
Actions (login required)
View Item |