Analisis Produk Tabungan Mabrur Junior dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember

Lutfi Maulina, - (2021) Analisis Produk Tabungan Mabrur Junior dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
Lutfi Maulina_E20161145.pdf

Download (5MB)

Abstract

Lutfi Maulina, 2020: Analisis Produk Tabungan Mabrur Junior dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember. Kata Kunci: Tabungan Mabrur Junior, dan Loyalitas Nasabah Tabungan Mabrur junior merupakan produk yang prospeknya bagus karena banyak orang muslim ingin sekali menunaikan ibadah haji, akan tetapi selalu terbentur masalah biaya yang sangat mahal, dan mengingat lamanya daftar tunggu Pemberangkatan di masing-masing provinsi, maka dari itu bank syariah mandiri mengakomodasi kebutuhan perencanaan keuangan Haji dan Umrah bagi nasabah di bawah usia 17 tahun dan belum memiliki KTP dengan berdasarkan prinsip syariah menggunakan akad mudharabah mutlaqah dan bagi hasil yang kompetitif. Dengan hadirnya produk Tabungan Mabrur Junior bisa mempercepat pelaksanaan pemberangkatan ibadah haji sebab meski dibuka saat anak-anak, tetap saja mereka berangkat ketika dewasa karena mengingat lamanya daftar tunggu pemberangkatan. Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana prosedur pembukaan dan penutupan rekening Tabungan Mabrur Junior di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember? 2) Bagaimana strategi meningkatkan kepuasan nasabah dalam penggunaan produk tabungan mabrur junior di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember? 3) Bagaimana strategi pelayanan produk tabungan mabrur junior di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember dalam meningkatkan loyalitas nasabah? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan tentang prosedur pembukaan dan penutupan rekening Tabungan Mabrur Junior di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember. 2) Mendeskripsikan tentang strategi meningkatkan kepuasan nasbah dalam penggunaan produk tabungan mabrur junior di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember. 3) Mendeskripsikan tentang strategi pelayanan produk tabungan mabrur junior di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember dalam meningkatkan loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Metode penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Prosedur pembukaan dan penutupan rekening tabungan mabrur junior baik secara online ataupun ofline sama dengan Tabungan yang lain yaitu mengisi formulir pembukaan rekening tabungan mabrur junior BSM dengan lengkap, membawa kartu identitas diri yaitu KTP/ SIM yang masih berlaku dan bersedia menandatangani beberapa persetujuan yang ditujukan bank kepada nasabah setoran awal dan selanjutnya minimal Rp. 100.000 saldo minimum daftar SISKOHAT Rp 25.100.000 atau sesuai dari kementrian agama dan biaya penutupan rekening bukan karena penyetoran BPIH dikenakan denda sebesar Rp25.000 dengan nisbah bagi hasil yang kompetitif, dengan menggunakan akad mudharabah mutlaqah.2) Strategi meningkatkan kepuasan nasabah yaitu: Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember Menyediakan berbagai produk yang sesuai dengan berbagai kebutuhan nasabah, dan untuk meningkatkan kepuasan nasabah Bank Syariah Mandiri membuat nasabah percaya terhadap uang yang disimpan, karena telah dijamin oleh LPS pernasabah 2 mliar, dan bekerja sama dengan OJK sekaligus BI. dan memberikan hadiah menarik kepada nasabah setia Tabungan Mabrur Junior. 3) Strategi pelayanan produk tabungan mabrur junior di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember antara lain adalah: karyawan berpenampilan rapi, ramah, bersih dan menarik, dengan menerapkan tiga S (seyum, salam, dan sapa) memudahkan dalam proses pembukaan rekening, menguasai semua produk, dan juga memperhatikan masalah ketepatan waktu dan kecepatan pelayanan serta melayani nasabah sampai tuntas saat nasabah mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 30 May 2022 04:21
Last Modified: 30 May 2022 04:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6842

Actions (login required)

View Item View Item