Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV di MI Unggulan Riyadul Qori'in Jember Tahun Ajaran 2021/2022

Yuliasari, Ade Dwi (0018) Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV di MI Unggulan Riyadul Qori'in Jember Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
ADE DWI YULIASARI_T20184062.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ade Dwi Yuliasari, 2022 :“Penerapan Model Kooperatif Tipe Make A Match Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV di MI Unggulan Riyadul Qori’in Jember Tahun Ajaran 2021/2022
Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Make A Match, Pembelajaran Aqidah Akhlak
Model pembelajaran kerap kali digunakan oleh seorang guru di dalam kegiatan belajar mengajar, tujuan digunakannya model pembelajaran diharapkan untuk memberikan warna baru di dalam pembelajaran sehingga tidak monoton dan membosankan. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru kelas VI MI Unggulan Riyadul Qori’in kerap kali menggunakan model pembelajaran yang menarik dan membuat kelas menjadi aktif, salah satu model pembelajaran yang digunakan yaitu model kooperatif tipe make a match pada pembelajaran aqidah akhlak. Guru menggunakan model tersebut untuk mengasah keaktifan serta jiwa sosial siswa.
Fokus penelitian pada judul ini adalah: bagaimana perencanaan, pelaksanaa, serta evaluasi guru dalam penerapan model kooperatif tipe make a match pada pembelajaran aqidah akhlak kelas IV di MI Unggulan Riyadul Qori’in. Adapun tujuan yang di maksud adalah: Untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi guru dalam penerapan model kooperatif tipe make a match pada pembelajaran aqidah akhlak kelas IV di MI Unggulan Riyadul Qori’in.
Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipatif, wawancara semistruktur, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwasannya:1) perencanaan guru dalan penerapan model kooperatif tipe make a match pada pembelajaran aqidah akhlak kelas IV di MI Unggulan Riyadul Qori’in meliputi menyiapkan RPP, menyiapkan media kertas soal dan jawaban, menyiapkan materi dan kelas. 2) pelaksanaan guru dalam penerapan model kooperatif tipe make a match pada pembelajaran aqidah akhlak kelas IV di MI Unggulan Riyadul Qori’in meliputi penyampaian materi pembelajaran aqidah akhlak, menerapkan model kooperatif tipe make a match dengan mencocokan soal dan jawaban bersama kelompok. 3) evaluasi dalan penerapan model kooperatif tipe make a match pada pembelajaran aqidah akhlak kelas IV di MI Unggulan Riyadul Qori’in meliputi penilaian tes dan non tes dengan tiga aspek penilaian yakni afektif, psikomotorik dan kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ade dwi Yuliasari
Date Deposited: 31 May 2022 07:44
Last Modified: 31 May 2022 07:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6850

Actions (login required)

View Item View Item