PerilakuPembelian Kosmetik Perspektif Etika Konsumsi Islam Pada Mahasiswi IAIN Jember Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2017.

Rismayani Putri Utari, - (2021) PerilakuPembelian Kosmetik Perspektif Etika Konsumsi Islam Pada Mahasiswi IAIN Jember Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2017. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Progam Studi Ekonomi Syariah.

[img] Text
Rismayani Putri Utari_E20172064.pdf

Download (6MB)

Abstract

Rismayani Putri Utari, Retna Anggitaningsih.SE.,M.M, PerilakuPembelian Kosmetik Perspektif Etika Konsumsi Islam Pada Mahasiswi IAIN Jember Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2017. Salah satu fenomena yang saat ini terjadi dikalangan kaum wanita yang menginginkan suatu jati diri yang baru dengan cara mempercantik diri, sehingga menyebabkan munculnya produk kecantikan yang disebut dengan Kosmetik.Begitupun yang terjadi dengan mahasiswi program studi Ekonomi Syariah angkatan 2017merupakan salah satu kelompok sosial yang berada dikalangan masyarakat yang mudah terpengaruh dengan gaya hidup, trend, dan model yang sedang berlaku saat ini. Sebagian dari mereka memberli kosmetik sesuai dengan kebutuhan dan sebagian yang lainnya membeli kosmetik karena keinginannya. Dalam Etika Konsumsi dalam syariah islam memiliki batasanbatasan yang harus diperhatikan selain halal yaitu tidak berlebih-lebihan, tidak boros, seimbang antara pengeluaran dan pendapatan, dan jangan bermewahmewahan. Fokus penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana perilaku mahasiswi IAIN Jember program studi Ekonomi Syariah angkatan 2017 dalam membeli kosmetik dan menggunakan kosmetik? 2) Bagaimana perilaku mahasiswi IAIN Jember program studi Ekonomi Syariah angkatan 2017 dalam pembelian kosmetik perspektif etika konsumsi islam?. Adapun tujuan penelitian yaitu 1) Untuk mengetahui perilaku mahasiswi IAIN Jember program studi Ekonomi Syariah angkatan 2017 dalam membeli kosmetik dan menggunakan kosmetik 2) Untuk mengetahui perilaku mahasiswi IAIN Jember program studi Ekonomi Syariah angkatan 2017 dalam pembelian kosmetik perspektif etika konsumsi islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan Purposive serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumnetasi. Hasil penelitian ini yaitu dalam perilaku konsumen yang dilakukan oleh mahasiswi IAIN Jember Program Studi Ekonomi Syariah angkatan 2017 dalam pembelian dan menggunakan kosmetik yaitu, 1) proses memilih dan membeli kosmetik sampai mendapatkan kosmetik yang cocok dengan wajahnya 2) faktorfaktor yang mempengaruhi pembelian kosmetik yaitu dari faktor iklan, lingkungan/teman, dan diri sendiri. Perilaku pembelian kosmetik dilihat dari perspektif etika konsumsi islam yaitu, 1) terjadi suatu sifat mubadzirdengan sering berganti-ganti jenis kosmetik 2) mereka masih belum bisa menyeimbangkan pendapatan mereka yaitu jatah uang saku untuk mementingkan keinginan yang dapat menimbulkan keborosan 3) beberapa dari mereka masih bisa menyisihkan sisa uang saku untuk menabung dan bersedekah tetapi beberapa yang lainnya masih belum bisa melakukannya. Kata kunci : Perilaku Konsumen, Kosmetik, Etika Konsumsi islam,Mahasiswi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 30 May 2022 07:47
Last Modified: 30 May 2022 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6860

Actions (login required)

View Item View Item