Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Sultan Agung Kasiyan Timur

Itsni Putri, Rizqiyah (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Sultan Agung Kasiyan Timur. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Itsni Putri Rizqiyah_T20187063.pdf

Download (5MB)

Abstract

Motivasi dan hasil belajar Matematika siswa khusunya kelas X SMA Sultan Agung Kasiyan Timur masih tergolong rendah. Tidak semua siswa aktif dalam pembelajaran. Dengan fasilitas yang memadai untuk pelaksanaan model pembelajaran yang baru yaitu blended learning maka, peneliti ingin melakukan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Blended Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas X SMA Sultan Agung Kasiyan Timur.
Rumusan Masalah penelitian ini: 1) Bagaimana motivasi belajar matematika siswa kelas X SMA Sultan Agung Kasiyan Timur?2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Sultan Agung Kasiyan Timur?3) Adakah pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X di SMA Sultan Agung Kasiyan Timur?4) Adakah pengaruh model pembelajaran Blended Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMA Sultan Agung Kasiyan Timur?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Sultan Agung Kasiyan Timur. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Purposive Sampling. Sampelnya yaitu kelas X IPA dan X IPS 1, sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan angket, soal posttest, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dilakukakan uji statistik menggunakan “uji T”.
Dari hasil penelitian: 1) Berdasarkan pengisian angket motivasi belajar matematika diketahui bahwa motivasi belajar matematika pada kelas eksperimen adalah persentase siswa kategori tinggi sebesar 34,78%, kategori sedang sebesar 65,22% dan 0% untuk kategori rendah. Sedangkan pada kelas kontrol adalah sebesar 24% siswa pada kategori tinggi, 76% kategori sedang, dan 0% pada kategori rendah. 2) Berdasarkan pengisian soal posttest diketahui bahwa hasil belajar matematika kelas eksperimen adalah nilai minimum yaitu 25, nilai maksimum yaitu 90, dan rata-rata yaitu 60,87. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah 15 untuk nilai minimum, 80 untuk nilai maksimum dan 49,57 untuk rata-rata. 3) Berdasarkan perhitungan diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar matematika dengan thitung 2,118 > ttabel 2,013 berari H0 ditolak dengan taraf signifikan 5%. 4) Berdasarkan perhitungan diperoleh bahwa ada pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar matematika dengan thitung 2,356 > ttabel 2,013 berarti H0 ditolak dengan taraf signifikan 5%.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Blended Learning, motivasi belajar, hasil belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010404 Probability Theory
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Itsni Putri Rizqiyah
Date Deposited: 02 Jun 2022 02:06
Last Modified: 02 Jun 2022 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/6985

Actions (login required)

View Item View Item