Manajemen Program Hubungan Masyarakat Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Di Pondok Pesantren Sunan Gunungjati Patoman Banyuwangi

Rohima, Rohima (2022) Manajemen Program Hubungan Masyarakat Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Di Pondok Pesantren Sunan Gunungjati Patoman Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rohima_T20183010.pdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kehadiran pesantren di tengah-tengah masyarakat tidak hanya sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga sebagai lembaga penyiaran agama dan sosial keagamaan. Pesantren juga memiliki sifat fleksibel yang mampu beradaptasi dengan masyarakat serta mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, sehingga perkembangan pesantren tidak lepas dari peran serta masyarakat. Salah satu langkah yang perlu dilakukan pesantren yakni mengelola hubungan masyarakat dalam upaya mengembangkan lembaga pendidikan pesantren melalui program yang ada, dengan harapan pesantren mampu berkembang dan mampu menyuguhkannya kepada masyarakat. Fokus penelitian yang diteliti diantaranya: 1) Bagaimana perencanaan program hubungan masyarakat dalam pengembangan lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Sunan Gunungjati Patoman Banyuwangi?; 2) Bagaimana pengorganisasian program hubungan masyarakat dalam pengembangan lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Sunan Gunungjati Patoman Banyuwangi?; 3) Bagaimana pelaksanaan program hubungan masyarakat dalam pengembangan lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Sunan Gunungjati Patoman Banyuwangi?; 4) Bagaimana evaluasi program hubungan masyarakat dalam pengembangan lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Sunan Gunungjati Patoman Banyuwangi?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi program hubungan masyarakat dalam pengembangan lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Sunan Gunungjati Patoman Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan program meliputi: analisis kebutuhan, musyawarah, dan penyusunan program. 2) Pengorganisasian program meliputi: pembagian tugas wewenang, dan pembuatan jadwal. 3) Pelaksanaan program dengan menjalin kerjasama diantaranya yaitu: a) Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan dalam pembelajaran kitab dan tahfidzul Qur’an; b) Dinas Koperasi dan UMKM Banyuwangi dalam kegiatan pelatihan membuat kerajian; dan c) kegiatan keagamaan dengan masyarakat sekitar pesantren dalam kegiatan kajian rutin, istighosah, grebek santri, Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) dan haflah akhirussanah. 4) Evaluasi Program dengan melakukan evaluasi perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Kata Kunci: Manajemen Program Humas, Pengembangan Lembaga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nona Rohima Sodik
Date Deposited: 03 Jun 2022 07:02
Last Modified: 03 Jun 2022 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7002

Actions (login required)

View Item View Item