Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, dan Pemahaman Tentang Produk Halal Terhadap Keputusan Sertifikasi Halal Oleh Produsen UMKM HIPMI jember

Hairunnas Esa Mahendra, - (2021) Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, dan Pemahaman Tentang Produk Halal Terhadap Keputusan Sertifikasi Halal Oleh Produsen UMKM HIPMI jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Ekonomi Syariah.

[img] Text
Hairunnas Esa Mahendra_E20172209.pdf

Download (40MB)

Abstract

Hairunnas Esa Mahendra, Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I, 2021: Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, dan Pemahaman Tentang Produk Halal Terhadap Keputusan Sertifikasi Halal Oleh Produsen UMKM HIPMI Jember Permintaan terhadap produk halal semakin mengalami peningkatan yang signifikan disetiap penjuru dunia terutama di Indonesia, hal ini tak terlepas dari peran produsen sebagai penyedia produk halal. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian terhadap produsen mengenai faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keputusan sertifikasi halal. Pada penelitian ini, produsen yang menjadi objek penelitian adalah produsen dari UMKM HIPMI Jember. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apakah religiusitas produsen berpengaruh terhadap keputusan sertifikasi halal secara parsial oleh produsen UMKM HIPMI Jember?, 2) Apakah pengetahuan produsen berpengaruh tehadap keputusan sertifikasi halal secara parsial oleh produsen UMKM HIPMI Jember?, 3) Apakah pemahaman tentang produk halal berpengaruh terhadap keputusan sertifikasi halal secara parsial oleh produsen UMKM HIPMI Jember?, 4) Apakah religiusitas, pengetahuan, dan pemahaman tentang produk halal berpengaruh terhadap keputusan sertifikasi halal secara simultan oleh produsen UMKM HIPMI Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui religiusitas produsen berpengaruh terhadap keputusan sertifikasi halal secara parsial oleh produsen UMKM HIPMI Jember, 2) untuk mengetahui pengetahuan produsen berpengaruh tehadap keputusan sertifikasi halal secara parsial oleh produsen UMKM HIPMI Jember, 3) untuk mengetahui pemahaman tentang produk halal berpengaruh terhadap keputusan sertifikasi halal secara parsial oleh produsen UMKM HIPMI Jember, 4) untuk mengetahui religiusitas, pengetahuan, dan pemahaman tentang produk halal berpengaruh terhadap keputusan sertifikasi halal secara simultan oleh produsen UMKM HIPMI Jember. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, serta pengujian uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linier berganda, serta koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) religiusitas tidak berpengaruh tehadap keputusan sertifikasi halal secara parsial oleh produsen UMKM HIPMI Jember, 2) pengetahuan produsen tidak berpengaruh terhadap keputusan sertifikasi halal secara parsial oleh produsen UMKM HIPMI Jember, 3) pemahaman tentang produk halal tidak berpengaruh terhadap keputusan sertifikasi halal secara parsial oleh produsen UMKM HIPMI Jember, 4) religiusitas, pengetahuan, dan pemahaman tentang produk halal berpengaruh terhadap keputusan sertifikasi halal secara simultan oleh produsen UMKM HIPMI Jember. Kata kunci: Religiusitas, Pengetahuan, Produk Halal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 02 Jun 2022 04:09
Last Modified: 02 Jun 2022 04:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7009

Actions (login required)

View Item View Item