Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022

Fajr Mawidha, Rahma (2022) Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
RAHMA FAJR MAWIDHA_T20181044.pdf

Download (4MB)

Abstract

Keberagaman di Indonesia dalam beragama di zaman modern ini mendapati berbagai gejolak dan ancaman dari disharmonisasi yang telah merambah kepada sensitivitas keberagamaan yang menjadikan polemik di tengah masyarakat. Hal ini dipicu dengan adanya perbedaan paham dan keinginan untuk menunjukan eksistensi suatu kelompok. Mirisnya, penyebaran paham yang sangat mudah terealisasi ini sudah merambah kepada kawula muda yang bisa mempengaruhi cara pandang dan berfikir serta keyakinan dalam beragama. Maka pentingnya moderasi beragama sebagai problem solving di era ini sebagaimana yang telah digagas oleh Kementerian Agama dalam KMA 184 tahun 2019 pendidik bisa berinovasi dalam menginternalisasi ke dalam kurikulum madrasah dengan melakukan pengembangan moderasi beragama agar peserta didik memiliki pola pikir dan sikap keagamaan yang moderat, inklusif, berbudaya, religius.
Fokus penelitian yaitu, 1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai moderasi beragama aspek nasionalisme dalam pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak kelas X di MAN 1 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022. 2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai moderasi beragama aspek toleransi dalam pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak kelas X di MAN 1 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022. 3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai moderasi beragama aspek anti kekerasan dalam pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak kelas X di MAN 1 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022.
Tujuan penelitian yakni 1) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama aspek nasionalisme dalam pembelajaran akidah akhlak kelas X di MAN 1 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama aspek toleransidalam pembelajaran akidah akhlak kelas X di MAN 1 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022. 3) Untuk mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama aspek anti kekerasan dalam pembelajaran akidah akhlak kelas X di MAN 1 Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman, yakni dengan beberapa langkah: pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama aspek nasionalisme dilakukan dalam beberapa tahapan yakni tahap moral knowing, moral feeling, dan moral action dilakukan secara kondisional diintergrasikan ke dalam pembiasaan, ceramah, penugasan, demonstrasi, kerja tim, menginternalisasikan melalui kegiatan upacara, bertawasul sebelum pelaksanaan pembelajaran dimulai, kajian kitab, kegiatan di hari besar. 2) internalisasi nilai moderasi beragama aspek toleransi yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik yang didukung oleh seluruh masyarakat dengan bentuk penghayatan mencapai ke dalam tahap moral action. 3) Wujud internalisasi aspek anti kekerasan dalam pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak adalah dengan tahap moral knowing, feeling, dan action yang terintegrasi nyata yakni berdoa sebelum penyampaian materi, memberikan candaan saat menyampaikan topik bahasan, memberikan motivasi melibatkan kelompok untuk meningkatkan dan melatih kecakapan kerja sama tim dengan membuat film mengenai anti kekerasan, pembulian, dan menghindari kekerasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahma Fajr Mawidha
Date Deposited: 03 Jun 2022 06:23
Last Modified: 03 Jun 2022 06:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7040

Actions (login required)

View Item View Item