Manajemen peserta disik dalam meningkatkan mutu lulusan pada bidang tahfidz al-qur'an di Ma'hadul Qur'an Salafiyah Syafi'iyah Situbondo

Musthofa, Sayyid Berryl (2022) Manajemen peserta disik dalam meningkatkan mutu lulusan pada bidang tahfidz al-qur'an di Ma'hadul Qur'an Salafiyah Syafi'iyah Situbondo. Masters thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SAYYID BERRYL MUSTHOFA_0849119022.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Manajemen Peserta Didik, Mutu Lulusan, Tahfidz al-Qur’an

Manajemen peserta didik keberadaanya sangat dibutuhkan di lembaga pendidikan karena peserta didik merupakan subjek sekaligus objek dalam proses transformasi ilmu dan ketrampilan. Keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan akan sangat bergantung dengan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional dan kejiwaan peserta didik. Manajemen peserta didik merupakan penataan dan pengaturan terhadap kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik, mulai dari Peserta Didik itu masuk sampai dengan keluar dari suatu sekolah.
Penelitian ini berfokus pada bagaimana perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi manajemen peserta didik dalam mengembangkan mutu lulusan pada bidang Tahfidz al-Qur’an di Ma’hadul Qur’an Salafiyah Syafi’iyah Situbondo, dengan tujuan dapat mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi manajemen peserta didik dalam mengembangkan mutu lulusan pada bidang Tahfidz al-Qur’an di Ma’hadul Qur’an Salafiyah Syafi’iyah Situbondo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis study kasus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumenter. Dalam menganalisa data menggunakan metode data condensation (kondensasi data), display data (penyajian data) dan conclusion data. Sedangkan dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber serta mamber chek.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Dalam perencanaan manajemen peserta didik, dapat dilakukan dengan cara mempersiapkan segala kebutuhan seperti penunjukan koordinator dan panitia kegiatan, menetapkan target kegiatan, pemetaan kemampuan peserta didik dan penempatan peserta didik sesuai kemampuan. 2) Dalam pelaksanaan manajemen peserta didik setiap koordinator harus dapat memastikan seluruh panitia berkerja sesuai tupoksinya dan terus bersinergi dengan pihak terkait agar kegiatan berjalan dengan semestinya. 3) Dalam mengembangkan mutu lulusannya, evaluasi manajemen peserta didik dibagi kedalam 3 bentuk. Pertama adalah evaluasi bulanan. Kedua adalah evaluasi menyeluruh yang dilakukan disetiap akhir tahun pembelajaran. Dan Ketiga adalah evaluasi pesantren.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam Kons.Supervisi Pendidikan
Depositing User: Sayyid Berryl Musthofa
Date Deposited: 03 Jun 2022 03:50
Last Modified: 03 Jun 2022 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7059

Actions (login required)

View Item View Item