IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN FIKIH MATERI HAJI KELAS V DI MIMA 22 AL-IKHLAS DESA SABRANG KECAMATAN AMBULU TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Fauzi, Nurul Mifta (2022) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN FIKIH MATERI HAJI KELAS V DI MIMA 22 AL-IKHLAS DESA SABRANG KECAMATAN AMBULU TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH.ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Nurul Mifta Fauzi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nurul Mifta Fauzi, 2022 : Implementasi Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Fikih Materi Haji di Kelas V MIMA 22 Al-Ikhlas Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Pembelajaran Fikih

Kegiatan pembelajaran di MIMA 22 Al-Ikhlas menerapkan metode Mind Mapping, dikarenakan berdasarkan pengalaman yang dilakukan oleh guru melalui penerapan metode ceramah dan tanya jawab siswa kurang memberikan respon yang positif, yang diindikasikan dengan siswa tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan materi, kurang termotivasi dan bersemangat dalam pembelajaran. Maka dari itu, penggunaan metode Mind Mapping ini dapat menciptakan suasana pembeajaran yang aktif, efektif dan menyenangkan.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan metode Mind Mapping pada pembelajaran Fikih materi haji di kelas V MIMA 22 Al-Ikhlas? 2) Bagaimana pelaksanaan metode Mind Mapping pada pembelajaran Fikih materi haji di kelas V MIMA 22 Al-Ikhlas? 3) Bagaimana evaluasi metode Mind Mapping pada pembelajaran Fikih materi haji di kelas V MIMA 22 Al-Ikhlas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan metode Mind Mapping pada pembelajaran Fikih materi haji di kelas V MIMA 22 Al-Ikhlas 2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode Mind Mapping pada pembelajaran Fikih materi haji di kelas V MIMA 22 Al-Ikhlas 3) Untuk mengetahui evaluasi metode Mind Mapping pada pembelajaran Fikih materi haji di kelas V MIMA 22 Al-Ikhlas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan metode Mind Mapping pada pembelajaran Fikih materi haji di kelas V MIMA 22 Al-Ikhlas meliputi tahapan yaitu, menyiapkan materi, metode dan RPP. 2) Pelaksanaan metode Mind Mapping pada pembelajaran Fikih materi haji di kelas V MIMA 22 Al-Ikhlas meliputi tiga tahapan yaitu, tahap pendahuluan, inti dan penutup. 3) Evaluasi metode Mind Mapping pada pembelajaran Fikih materi haji di kelas V MIMA 22 Al-Ikhlas menggunakan dua jenis evaluasi yaitu tes dan non tes. Adapun teknik penilaian dilakukan dengan melihat dari ketiga aspek, yaitu aspek kognitif (tes tertulis), afektif (pengamatan sikap) dan psikomotorik (skala rentang).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nurul mifta fauzi
Date Deposited: 03 Jun 2022 03:44
Last Modified: 03 Jun 2022 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7064

Actions (login required)

View Item View Item