Implementasi Pelayanan Pembiayaan terhadap Kepuasan Nasabah pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Bank Wakaf Mikro (BWM) Al Azhar Jember.

M Agus Syarif Toyib, - (2021) Implementasi Pelayanan Pembiayaan terhadap Kepuasan Nasabah pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Bank Wakaf Mikro (BWM) Al Azhar Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
M. AGUS SYARIF TOYIB_E20171050.pdf

Download (7MB)

Abstract

M Agus Syarif Toyib, Khairunnisa Musari, S.T., M.MT : Implementasi Pelayanan Pembiayaan terhadap Kepuasan Nasabah pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Bank Wakaf Mikro (BWM) Al Azhar Jember. Pelayanan suatu Lembaga termasuk Lembaga Keuangan Mikro Syariah dapat di nilai baik jika pelayanan yang diberikan mampu memberikan kepuasan nasabah. Dengan kepuasan tersebut, Lembaga dapat menjalin ikatan dengan nasabah yang memungkinkan lembaga memahami segala kebutuhan dan harapan nasabah. Dengan demikian nasabah akan merasa diperhatikan, sehingga akan meningkatkan kepuasan nasabah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana implementasi pelayanan pembiayaan di LKMS-Bank Wakaf Mikro Al Azhar di Jember. Dan 2) bagaimana kepuasan nasabah atas implementasi pelayanan pembiayaan di LKMSBank Wakaf Mikro Al Azhar Jember. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui implementasi pelayanan pembiayaan di LKMS-Bank Wakaf Mikro Al Azhar Jember. Dan 2) untuk mengetahui kepuasan nasabah atas implementasi pelayanan pembiayaan di LKMS-Bank Wakaf Mikro Al Azhar Jember. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik mengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Tahap-tahap penelitan menggunakan pra lapangan, pekerjaan lapangan dan analisis data. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Implementasi pelayanan pembiayaan LKMS-Bank Wakaf mikro Al Azhar Jember kurang baik dan membutuhkan pelayanan yang lebih baik lagi. Dimana dari segi dimensi pelayanan yang tidak melakukan pelayanan responsiveness dan reliability, prinsip pembiayaan yang tidak melakukan prinsip universalisme, dan bentuk pelayanan yang tidak melakukan bentuk pelayanan tulisan sebagai penguat dari apa yang sudah di dapatkan pada bentuk pelayanan lisan. 2) Kiinerja pada BWM sudah cukup baik dan diterima oleh harapan nasabah. Dimana dari segi faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah yang mengenai kualitas produk dan juga biaya yang tidak ada pungutan administrasi pembiayaan. Sementara pada elemen comparison (membandingkan), bahwa sudah setara atau sebanding dengan harapan dan kinerja pada BWM. Confirmation or discorfirmation pada BWM termasuk confirmation dimana nilai yang diharapkan sesuai dengan kinerja produk yang sebenarnya. Discrepancy (ketidaksesuaian) bahwa pada BWM termasuk positive disconfirmation, dimana kinerja aktual BWM berada di atas level harapan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 03 Jun 2022 03:17
Last Modified: 03 Jun 2022 03:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7079

Actions (login required)

View Item View Item