ANALISIS KESALAHAN SISWA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X MA WAHID HASYIM BALUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Wardatus, Soimah (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X MA WAHID HASYIM BALUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
WARDA WATERMAK FIKS.pdf

Download (5MB)

Abstract

Siswa dapat dilatih kemampuan pemecahan masalahnya dengan

mengerjakan soal matematika. Kesalahan dalam mengerjakan soal berdasarkan
Newman ada lima yaitu kesalahan membaca, memahami, transformasi,
keterampilan proses, dan penulisan hasil akhir. Kesalahan antara siswa satu
dengan lainnya dapat berbeda dilihat dari kemampuan matematis siswa. Dalam
hal ini, kecerdasan emosional memiliki hubungan dengan kemampuan tersebut
yang meliputi pengenalan emosi diri, pengolahan emosi, pemotivasi diri sendiri,
pengenalan emosi orang lain, dan pembinaan hubungan dengan orang lain.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika di MA Wahid Hasyim
Balung, sekitar 70% siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan masalah soal
SPLTV karena memerlukan penalaran yang lebih tinggi. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dengan
kecerdasan emosional kategori tinggi, sedang, rendah dalam menyelesaikan
masalah matematika materi SPLTV kelas X MA Wahid Hasyim Balung.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. Teknik pengambilan subyek menggunakan purposive sampling dengan
subyek utama sebanyak 6 siswa dari 23 siswa kelas X IPA 1 MA Wahid Hasyim
Balung. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen
angket kecerdasan emosional berjumlah 30 butir pertanyaan, instrumen soal tes
materi SPLTV berjumlah 2 butir soal, dan pedoman wawancara. Seluruh data
kemudian dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah salah satu subyek dengan kategori kecerdasan
emosional tinggi melakukan kesalahan utama dalam menyelesaikan soal SPLTV
yaitu pada tahap keterampilan proses yang menyebabkan kesalahan pada tahap
penulisan hasil akhir. Hal ini dikarekakan siswa kurang teliti. Pada kategori
kecerdasan emosional sedang, salah satu subyek melakukan kesalahan pada tahap
transformasi yang menyebabkan kesalahan pada tahap keterampilan proses, dan
penulisan hasil akhir. Hal ini dikarenakan kemampuan matematisnya yang
berbeda dengan subyek lain di kategori kecerdasan emosional yang sama.
Selanjutnya, subyek dengan kategori kecerdasan emosional rendah melakukan
kesalahan pada tahap keterampilan proses, sehingga menyebabkan kesalahan pada
tahap penulisan hasil akhir.Kata kunci: analisis kesalahan, kecerdasan emosional, sistem persamaan linear
tiga variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010108 Operator Algebras and Functional Analysis
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010404 Probability Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nona Wardatus Soimah
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:50
Last Modified: 20 Jun 2022 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7089

Actions (login required)

View Item View Item