PROFIL KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLTV KELAS X DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF DI SMA NEGERI 1 JEMBER

Wahyudi, Mutina (2022) PROFIL KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SPLTV KELAS X DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF DI SMA NEGERI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MUTINA NIM T20187019.pdf

Download (8MB)

Abstract

Setiap siswa memiliki berbedaan karakteristik dalam dirinya, baik dalam
hal berpikir, menerima dan merespon. Perbedaan itu yang sering disebut gaya
kognitif. Perbedaan gaya kognitif mempengaruhi kemampuan matematika siswa,
salah satunya kemampuan koneksi matematika. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Profil
kemampuan koneksi matematika siswa reflektif dalam menyelesaikan masalah
SPLTV. 2) Profil kemampuan koneksi matematika siswa impulsif dalam
menyelesaikan masalah SPLTV.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Jember kelas X MIPA 8
berjumlah 35 siswa. Subjek penelitian diambil sebanyak 2 orang yang masing-
masing bergaya kognitif reflektif dan impulsif. Adapun penentuan gaya kognitif
menggunakan Matching Familiar Figures Test (MFFT). Teknik pengumpulan
data menggunakan tes pemecahan masalah (TPM) dan wawancara. Sedangkan
analisis datanya menggunakan model Milles dan Huberman serta menggunakan
triangulasi waktu dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Subjek reflektif sangat detail
menghubungkan ide-ide matematika antara yang diketahui dan ditanya dengan
mengumpulkan semua informasi dan membuat pemisalan variabel. Subjek
membuat model matematika dengan cara mengaitkan konsep perbandingan dan
SPLTV. Sementara itu, dalam proses perhitungan subjek menggunakan konsep
pecahan. Langkah selanjutnya subjek menggunakan metode subtitusi untuk
memperoleh nilai dari setiap variabel. Setelah itu, subjek menghubungkan konsep
aritmatika sosial dengan ide-ide eksternal yakni ilmu ekonomi dan kehidupan
sehari-hari untuk menemukan jawaban yang ditanyakan. Pada proses pengerjaan,
subjek terlambat mengumpulkan dari waktu yang diberikan. Hal tersebut
menunjukkan bahwa subjek reflektif memiliki karakter lambat dalam menjawab
masalah, tetapi teliti sehingga jawaban yang dihasilkan cenderung tepat. 2) Subjek
impulsif menghubungkan ide-ide antara yang diketahui dan ditanya dengan
mengumpulkan semua informasi dan membuat pemisalan variabel. Subjek
menghubungkan ide-ide matematika dan ide eksternal yang ia rencanakan. Namun
pada tahap melaksanakan rencana, subjek tidak mampu mengaitkan konsep
SPLTV. Subjek tidak mampu membuat model matematika sehingga subjek hanya
mengaitkan konsep perbandingan, pecahan dan aritmatika sosial dengan ilmu
ekonomi dan kehidupan sehari-hari untuk menemukan jawaban. Subjek
mengatakan bahwa konsep SPLTV menurutnya lumayan sulit. Pada proses
pengerjaan TPM, subjek lebih awal mengumpulkan dari waktu yang diberikan.
Hal tersebut menunjukkan bahwa subjek impulsif cenderung memiliki
karakateristik cepat dalam menghadapi masalah namun kurang menganalisis.
Kata Kunci: Profil, Koneksi Matematika, Penyelesaian Masalah Polya, SPLTV,
Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nona Mutina Wahyudi
Date Deposited: 04 Jun 2022 04:57
Last Modified: 04 Jun 2022 04:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7092

Actions (login required)

View Item View Item