Strategi BMT UGT Nusantara KCP Jember Kota dalam Mempertahankan Reputasi dan Loyalitas Nasabah di Masa Pandemi COVID-19.

Nafisatul Mardiyah, - (2021) Strategi BMT UGT Nusantara KCP Jember Kota dalam Mempertahankan Reputasi dan Loyalitas Nasabah di Masa Pandemi COVID-19. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
Nafisatul Mardiyah_E20171163.pdf

Download (70MB)

Abstract

Nafisatul Mardiyah, Dr.Nurul Widyawati Islami Rahayu, M. Si., 2021: Strategi BMT UGT Nusantara KCP Jember Kota dalam Mempertahankan Reputasi dan Loyalitas Nasabah di Masa Pandemi COVID-19. Adanya pandemi COVID-19 ini menuntut setiap lembaga keuangan baik bank maupun non bank untuk memiliki strategi yang kuat dalam mempertahankan reputasi dan loyalitas nasabahnya. Strategi merupakan beberapa langkah yang di ambil oleh sebuah perusahaan atau lembaga untuk mencapai tujuan akhir yang diinginkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diambil untuk mempertahankan reputasi dan loyalitas nasabahnya, serta kendala yang dihadapinya. Fokus peneltiian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1). Bagaimana strategi BMT UGT Nusantara KCP Jember dalam mempertahankan reputasi dan loyalitas nsabah di masa pandemi COVID-19?, 2). Apa saja kendala strategi BMT UGT Nusantara KCP Jember Kota agar terus bisa mempertahankan reputasi dan loyalitas nasabahnya selama pandemi COVID-19 ini terjadi? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field Research). Lokasi penelitian ini di BMT UGT Nusantara KCP Jember Kota dan pasar Gebang. Dalam menentukan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara terstruktur, observasi terus terang atau tersamar, dan dukomentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Penelitian ini menghasilkan strategi BMT UGT Nusantara KCP Jember Kota untuk mempertahankan reputasi dan loyalitas nasabah di masa pandemi COVID19 diantaranya sebagai berikut: 1). Meningkatkan dan mengoptimalkan sistem antar jemput bola, 2). Memanfaatkan dan meningkatkan kinerja dari adanya media digital perbankan, 3). Meningkatkan pelayanan nasabah secara cepat, dan tepat waktu, 4). Meningkatkan kepercayaan nasabah, 5). Mengurangi jam operasional pelayanan menjadi 5 jam setiap hari kecuali hari jum’at (hari libur) yakni dari jam 07.00 – 12.00 WIB. Sedangkan kendala strategi yang di hadapi oleh BMT UGT Nusantara KCP Jember Kota agar terus bisa mempertahankan reputasi dan loyalitas nasabahnya selama pandemi COVID-19 adalah sebagai berikut: 1). Kurangnya literasi nasabah dalam mengoperasikan UGT Mobile diakibatkan oleh faktor usia yang sudah lanjut, 2). Nasabah hanya aktif menabung namun tidak berani untuk mengajukan pembiayaan, 3). Terganggunya kesehatan karyawan BMT UGT Nusantara KCP Jember Kota karena mereka harus totalitas dalam bekerja dan harus bisa memenuhi target yang telah ditentukan. Kata Kunci: Strategi, Reputasi, Loyalitas, COVID-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 04 Jun 2022 04:05
Last Modified: 04 Jun 2022 04:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7103

Actions (login required)

View Item View Item