Strategi Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Keagamaan Untuk Menangani Kenakalan Siswa Di SMAN 1 Muncar TahunPelajaran 2021/ 2022.

Irawati, Vivi (2022) Strategi Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Keagamaan Untuk Menangani Kenakalan Siswa Di SMAN 1 Muncar TahunPelajaran 2021/ 2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Vivi Irawati_ T20181042.pdf

Download (2MB)

Abstract

Vivi Irawati, 2021, “Strategi Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Keagamaan Untuk Menangani Kenakalan Siswa Di SMAN 1 Muncar Tahun Pelajaran 2021/2022”, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam.

Kata Kunci: Kepala Sekolah, Pembinaan Keagamaan, Kenakalan Siswa

Kenakalan merupakan tindakan menyimpang terhadap norma sosial yang dilakukan oleh seseorang remaja,khususnya pada usia menengah. Upaya menangani kenakalan perlu dilakukan sedini mungkin agar tidak membentuk konsep diri yang tidak baik pada diri individu di masa depan. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan pembinaan keagamaan adalah upaya yang dilakukan oleh pembina Islam yang dilakukan secara terarah, berencana, sadar, teratur dan bertanggung jawab dengan tujuan supaya manusia hidup lebih terarah dan menjadi manusia yang beriman, bertaqwa dan mempunyai akhlak mulia serta karakter yang baik.
Fokus penelitian yang diteliti diantaranya: 1) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam pembinaan keagamaan untuk menangani kenakalan siswa di SMAN 1 Muncar tahun pelajaran 2021/2022?; 2) Apa faktor pendukung dan kendala penerapan strategi kepala sekolah dalam pembinaan keagamaan untuk menangani kenakalan siswa di SMAN 1 Muncar tahun pelajaran 2021/2022?. Tujuan penelitian: 1) untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam pembinaan keagamaan untuk menangani kenakalan siswa di SMAN 1 Muncar tahun pelajaran 2021/2022; 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan kendala penerapan strategi kepala sekolah dalam pembinaan keagamaan untuk menangani kenakalan siswa di SMAN 1 Muncar tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teori Miles, Hubermen and Saldana yang mencakup tiga yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi kepala sekolah dalam pembinaan keagamaan untuk menangani kenakalan siswa di SMAN 1 Muncar dapat dilakukan dengan cara mengaktifkan ekstrakurikuler khususnya kegiatan ROHIS (Rohaniah Islamiyah), mengadakan acara di hari- hari besar islam, mengaktifkan kegiatan osis kemudian bekerja sama dengan guru dan BK itu ditingkatkan, memberikan kesempatan yang seluas- luasnya kepada siswa untuk mengikuti kegiatan di luar sekolah yang dipantau oleh sekolah pembuatan tata tertib sekolah yang diberi poin-poin, pemberian skors yang mendidik kepada siswa, 2) Faktor pendukung strategi kepala sekolah dalam pembinaan keagamaan untuk menangani kenakalan siswa yaitu adanya tata tertib yang selalu diberikan, pengkondisian pagar sekolah agar siswa tidak melompat pagar, penugasan kepada beberapa guru untuk piket berkeliling sekolah agar siswa tidak melakukan pelanggaran. Sedangkan faktor penghambatnya itu timbul dari diri siswa itu sendiri dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Vivi Irawati
Date Deposited: 04 Jun 2022 05:26
Last Modified: 04 Jun 2022 05:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7114

Actions (login required)

View Item View Item