Mengatasi persaingan pemasaran produk pembiayaan syariah melalui analisis swot pada Kspps Bmt Harapan Ummat Sidoarjo

Rifki, Muhammad Kemal (2022) Mengatasi persaingan pemasaran produk pembiayaan syariah melalui analisis swot pada Kspps Bmt Harapan Ummat Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MuhammadKemalRifki_E20171034.pdf

Download (948kB)

Abstract

Muhammad Kemal Rifki, Dr. Hj. Nurul Setianingrum, S.E., M.M, 2022: Mengatasi Persaingan Pemasaran Produk Pembiayaan Syariah Melalui Analisis SWOT Pada KSPPS BMT Harapan Ummat Sidoarjo.

Dalam kurun waktu terakhir pertumbuhan lembaga keuangan mikro khususnya BMT berkembang pesat. Semakin banyaknya berdirinya bmt-bmt baru membuat persaingan pasar semakin ketat. Hal ini juga dirasakan oleh KSPPS BMT Harapan Ummat Sidoarjo. Persaingan yang umumnya terjadi terdapat pada persaingan pemasaran produk. hal tersebut membuat KSPPS BMT Harapan Ummat Sidoarjo harus mempersiapkan strategi dalam mengatasi persaingan yang terjadi. Analisis SWOT dinilai mampu dapat memngambil suatu keputusan dan menjadi analisis suatu kondisi untuk memutuskan sebuah strategi.
Fokus masalah pada penelitian ini adalahh: (1) Bagaimana posisi keunggulan bersaing KSPPS BMT Harapan Ummat Sidoarjo melalui analisis SWOT. (2) Bagaimana Strategi KSPPS BMT Harapan Ummat Sidoarjo dalam mengatasi persaingan pemasaran produk.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui keunggulan bersaing KSPPS BMT Harapan Ummat Sidoarjo melalui analisis SWOT. (2) Untuk mengetahui strategi KSPPS BMT Harapan Ummat Sidoarjo dalam mengatasi persangan pemasaran produk.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitia pendekatan deskriptif, Penentuan subyek menggunakan teknik purposive sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif untuk menguji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa strategi SO (Strengh Opportunities) (1) Memiliki besaran setoran produk relatif rendah menjadikan produknya dapat dimanfaatkan oleh kalangan umum (2) Mengadakan kunjungan kepada pelaku UMKM sekaligus mengenalkan produk unggulan yang dimiliki BMT Harapan Ummat Sidoarjo. Strategi WO (Weakness Opportunities) mengembangkan fasilitas pelayanan dalam memasarkan/ memperkenalkan produk, Menciptakan produk pembiayaan simpanan baru dan memperluas pemahaman mengenai lembaga keuangan syariah dan produk syariah. Strategi ST (Strengh Threats), memberikan reward yang sesuai terhadap nasabah yang telah loyal dan mempertahankan kualitas dan besaran setoran. Strategi WT (Weakness Threats), Menciptakan inovasi-inovasi terbaru sebagai indikator dalam meningkatkan fasilitas internal maupun eksternal.
Persaingan dan pemasaran sama-sama penting. Namun dalam hal ini BMT Harapan Ummat Sidoarjo lebih mengutakaman pemasaran karena dapat digunakan sebagai senjata utama dalam persaingan dengan lembaga keuangan lainnya.
Kata kunci : Analisis SWOT, Persaingan, Pemasaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Muhammad Kemal Rifki Muhammad Kemal R
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:13
Last Modified: 07 Jun 2022 02:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7155

Actions (login required)

View Item View Item