Analisis Selektivitas AO (Account Officer) Dalam Mengidentifikasi Calon Nasabah Kredit Untuk Meminimalisir Kredit Bermasalah Di BPR Sentral Arta Jaya Kantor Pusat Probolinggo.

Ilham Wahyudi, - (2021) Analisis Selektivitas AO (Account Officer) Dalam Mengidentifikasi Calon Nasabah Kredit Untuk Meminimalisir Kredit Bermasalah Di BPR Sentral Arta Jaya Kantor Pusat Probolinggo. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
ILHAM WAHYUDI_E20161123.pdf

Download (8MB)

Abstract

Ilham Wahyudi, Dr. Khamdan Rifa’i, S.E.,M.Si. Analisis Selektivitas AO (Account Officer) Dalam Mengidentifikasi Calon Nasabah Kredit Untuk Meminimalisir Kredit Bermasalah Di BPR Sentral Arta Jaya Kantor Pusat Probolinggo. Sejalan dengan pesatnya pembangunan di indonesia khususnya pembangunan ekonomi, maka lembaga keuangan seperti bank adalah salah satu alat untuk membantu kelancaran ekonomi sebagai penyedia modal dalam bentuk pemberian kredit. Perbankan yang segmen pasarnya lebih banyak pada usaha mikro kecil menengah (umkm) adalah Bank Perkreditan Rakyat. Pemberian kredit merupakan kegiatan utama bank yang mengandung risiko yang dapat berpengaruh pada kesehatan bank itu sendiri. Maka dari itu, sebelelum menyalurkan kreditnya kepada masyarakat, maka bank terlebih dahulu melakukan analisis kredit agar kredit yang disalurkan tepat pada sasaran dan menguntungkan bagi bank. Fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran AO (Account Officer) dalam menganalisis calon nasabah kredit di BPR Sentral Arta Jaya Kantor Pusat Probolinggo?, 2) Bagaimana strategi AO (Account Officer) dalam meminimalisir terjadinya kredit bermasalah di BPR Sentral Arta Jaya Kantor Pusat Probolinggo? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui peran AO (Account Officer) dalam menganalisis calon nasabah kredit di BPR Sentral Arta Jaya Kantor Pusat Probolinggo. 2) Untuk mengetahui strategi AO (Account Officer) dalam meminimalisisr terjadinya kredit Bermasalah di BPR Sentral Arta Jaya Kantor Pusat Probolinggo. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian lapangan (field Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi dan pengamatan, wawancara, dokumentasi. Dan teknik analisis data dalam penelitian ini dengan cara redukasi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triagulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menyetakan bahwa : 1) Peran Account Officer dalam menganalisis calon nasabah kredit di BPR Sentral Arta Jaya Kantor Pusat Probolinngo Mengunakan prinsip 5 C yaitu (Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition). 2) Strategi Account Officer dalam meminimalisir terjadinya kredit bermasalah di BPR Sentral Arta Jaya Kantor Pusat Probolinggo menggunakan beberapa prinsip yang diterapkan oleh Account Officer yaitu : Account Officer harus selalu mengikuti prosedur dalam penyaluran kredit, harus terhindar dari sifat subjektif dalam pemrosesan kredit, harus memiliki sifat teguh pendirian dan tidak mudah terkecoh dengan keadaan, selalu memantau perkembangan aktivitas rekening debitur, Melakukan kunjugan kepada debitur dengan tujuan untuk mengetaui kegiatan usaha debitur. Kata Kunci : Account Officer, analisis kredit, strategi dalam meminimalisir kredit bermasalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:57
Last Modified: 06 Jun 2022 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7173

Actions (login required)

View Item View Item