Pengaruh Penggunaan Media Digital (E-Banking) dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah di tengah Pandemi Covid-19 Pada BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota

Riska Lutfiani, - (2021) Pengaruh Penggunaan Media Digital (E-Banking) dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah di tengah Pandemi Covid-19 Pada BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
Riska Lutfiani_E20171165.pdf

Download (4MB)

Abstract

Riska Lutfiani, Nurul Setianingrum, S.E.,M.M, 2021: Pengaruh Penggunaan Media Digital (E-Banking) dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah di tengah Pandemi Covid-19 Pada BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota. Kata Kunci: Media Digital (E-Banking), Kualitas Pelayanan, Loyalitas Teknologi merupakan salah satu tuntutan zaman demi terciptanya suatu kemudahan bertransaksi apalagi ditengah pandemic covid-19 seperti saat ini yang menuntut masyarakat untuk social distancing dan menuntut setiap lembaga keuangan baik bank maupun non bank untuk memanfaatkan teknologi disetiap aktifitas transaksinya. Salah satu tulang punggung perekonomian (Koperasi) berbasis Syariah di Indonesia yang belum lama bertransformasi dan beradaptasi dengan layanan digitalnya ialah BMT UGT Nusantara yang dinamakan UGTMobile. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan dan menarik lebih banyak klien dan juga sebagai salah satu bentuk dari kualitas pelayanan yang diberikan demi diperolehnya suatu loyalitas nasabah karena terciptanya sebuah kepuasan dan loyalitas salah satu nya berasal dari diperolehnya kualitas pelayanan yang prima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Penggunaan Media Digital (E-Banking) dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah ditengah Pandemi Covid-19 Pada BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah: (1) Bagaimana Pengaruh Penggunaan Media digital (E-Banking) Terhadap Loyalitas Nasabah di Tengah pandemi Covid-19 di BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota, (2) Bagaimana Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah di Tengah pandemi Covid-19 di BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota, (3) Bagaimana Pengaruh Penggunaan Media digital (E-Banking) dan Kualitas Pelayanan Secara Simultan Terhadap Loyalitas Nasabah di Tengah pandemi Covid-19 di BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota. Adapun Metode Penelitian yang diambil pada penelitian ini ialah kuantitatif deskriptif. Teknik sampel yang digunakan ialah total sampling (Sampel Jenuh) sebanyak 50 Nasabah dengan metode analisis uji validitas, uji reliabilitas data, uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda. Berdasarkan uji t (Parsial) dan uji f (Simultan) dapat dilihat bahwa Penggunaan Media Digital (E-Banking) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Loyalitas Nasabah dengan hasil t hitung < t tabel (-0,079 < 2,012) dan nilai signifikan > 0,05 (0,937 > 0,05). Sedangkan untuk variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas nasabah ditengah Pandemi Covid-19 Pada BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota dengan hasil t hitung > t tabel (4,198 > 2,012) dan nilai signifikan < 0,05 (0,000 < 0,05). Dan selanjutnya berdasarkan uji f (simultan) dihasilkan bahwa Penggunaan Media Digital (E-Banking) dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan secara bersamaan (simultan) terhadap Loyalitas Nasabah ditengah Pandemi Covid-19 Pada BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota dengan hasil hitung nilai signifikan < 0,05 (0,000 < 0,05) atau F hitung > F tabel (8,978 > 3,19).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 06 Jun 2022 08:06
Last Modified: 06 Jun 2022 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7200

Actions (login required)

View Item View Item