Peningkatan Pemahaman Agama Santri Putri Melalui Pembelajaran Fiqih Wanita di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember Tahun 2022

Janah, Anissatul (2022) Peningkatan Pemahaman Agama Santri Putri Melalui Pembelajaran Fiqih Wanita di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Anissatul Janah_T20181055.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran Fiqih wanita merupakan suatu kegiatan yang melibatkan antara guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk menciptakan suatu pembelajaran yang efektif dan efisien yang di dalamnya mempelajari ilmu pengetahuan tentang hukum-hukum syara’ yang diperoleh dengan ijtihad yang di dalamnya membahas tentang masalah-masalah wanita. Adapun sebagian besar santri baru di Pondok Pesantren Ainul Yaqin masih belum mampu memahami shalat dan puasa sesuai dengan ajaran Islam yaitu bagaimana gerakan sholat, puasa, qodo’ puasa dan shalat bagi wanita sesuai dengan ajaran islam. Sehingga perlu adanya penerapan peningkatan pemahaman agama melalui pembelajaran fiqih wanita santri putri di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember tahun 2022. Agar santri dapat mengetahui dan memahami materi serta dapat mempraktikanya dalam kegiatan ibadah. Fokus penelitian dari skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peningkatan pemahaman sholat santri putri melalui pembelajaran fiqih wanita di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember tahun 2022 ?. 2) Bagaimana peningkatan pemahaman puasa santri putri melalui pembelajaran fiqih wanita di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember tahun 2022?. Tujuan Penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman sholat santri putri melalui pembelajaran fiqih wanita di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember tahun 2022 2) Untuk mendeskripsikanpeningkatan pemahaman puasa santri putri melalui pembelajaran fiqih wanita di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember tahun 2022. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kualitatif: jenis penelitian ini adalah field research (Penelitian Lapangan). Penelitian ini digunakan untukmemahami fenomena, tentangapa yang dialami subjek penelitian. Adapun teknik pengumpulan dalam skripsi ini menggunakan observasi partisipasif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya meggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) peningkatan pemahaman sholat santri putri melalui pembelajaran fiqih wanita. Perencanaan yang digunakan adalah sebelum mengajar guru belajar, mempersiapan materi yang akan diajarkan dalam kelas. Metode yang digunakan yaitu metode ceramah, tanya jawab dan praktik. evaluasi yang digunakan yaitu tes lisan dan praktik shalat. 2) peningkatan pemahaman puasa santri putri melalui pembelajaran fiqih wanita. Perencanaan yang digunakan ustadzah adalah menyiapkan materi dan mencari referensi terkait materi puasa. metodeyang digunakan yaitu ceramah, tanya jawab dan praktik. Evaluasi yang digunakan adalah tes lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: miss Anissatul Janah
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:14
Last Modified: 07 Jun 2022 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7220

Actions (login required)

View Item View Item