Tren Hijab, Label Halal, Dan Gaya Hidup Dalam Pembelian Hijab Di Kota Jember

Rif’atul U’ba, - (2020) Tren Hijab, Label Halal, Dan Gaya Hidup Dalam Pembelian Hijab Di Kota Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah.

[img] Text
RIF’ATUL U’BA_E20152062.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rif’atul U’ba, Hj. Nurul Setianingrum,SE,MM2020:Tren Hijab, Label Halal, Dan Gaya Hidup Dalam Pembelian Hijab Di Kota Jember Trend adalah kecendrungan, tren sosial adalah kecendrungan sosial atau kecendrungan yang timbul dari suatu gejala sosial. Label adalah bagian sebuah produk yang membawa informasi verbal tentang produk atau tentang penjualnya. Label halal adalah bagian sebuah produk yang membawa informasi verbal tentang produk atau tentang penjualnya bahwa produk tersebut terbuat dari bahan-bahn yang halal. Gaya hidup didefinisikan sebagai pola di mana orang hidup dan menghabiskan waktu serta uang. Gaya hidup adalah fungsi motivasi konsumen dan pembelajaran sebelumnya, kelas sosial, demografi, dan variabel lain. gaya hidup juga diartikan sebagai konsepsi ringkasan yang mencerminkan nilai konsumen. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1). Apakah Tren Hijab menjadi keputusan konsumen dalam membeli hijab di kota Jember? 2). Apakah label halal menjadi keputusan konsumen dalam membeli hijab di kota Jember?3).Apakah gaya hidup menjadi keputusan konsumen dalam membeli hijab di kota Jember?. Tujuan penelitian ini adalah (1).Untuk mengetahui apakah tren hijab menjadi keputusan pembelian hijab di kota Jember. (2).Untuk mengetahui apakah label halal menjadi keputusan pembelian hijab di kota Jember.(3).Untuk mengetahui apakah gaya hidup menjadi keputusan pembelian hijab di kota Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam menentukan sumber data menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan kualitatif deskriptif, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh 1). Berdasarkan hasil wawancara pada beberapa konsumen hijab dari 14 orang yang diwawancarai ada 4 empat orang yang mengatakan tren hijab menjadi keputusan konsumen membeli hijab, dan 10 lainnya mengatakan bahwa tren hijab tidak menjadi keputusan konsumen membeli hijab. Maka tren hijab tidak menjadi keputusan konsumen dalam membeli hijab. 2).Menimbang dari berbagai pernyataan yang dikatakan oleh konsumen pada saat wawancara maka label halal tidak menjadi keputusan konsumen dalam membeli hijab. Hal ini dapat dilihat dari 14 orang yang diwawancarai hanya 3 orang yang melihat label halal sebagai keputusan membeli hijab dan 11 lainnya label halal tidak menjadi keputusan membeli hijab.3).Melihat dari aktivitas dan kebiasan narasumber, keputusan pembelian seseorang terhadap barang-barang yang memiliki kualitas ataupun harga tinggi adalah berdasarkan gaya hidup mereka sendiri. Jadi dapat disimpulkan bahwa gaya hidup menjadi keputusan konsumen dalam membeli hijab. Kata kunci: Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Hijab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 07 Jun 2022 01:48
Last Modified: 07 Jun 2022 01:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7223

Actions (login required)

View Item View Item