Sistem Pelayanan Perbankan Untuk Peningkatan Nasabah Di Masa Pandemi (Covid-19) Pada Bank BRI Unit Tempurejo Jember.

Nur Muhlisoh Fauziyah, - (2021) Sistem Pelayanan Perbankan Untuk Peningkatan Nasabah Di Masa Pandemi (Covid-19) Pada Bank BRI Unit Tempurejo Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Perbankan Syariah.

[img] Text
Nur Muhlisoh Fauziyah_E20171152.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nur Muhlisoh Fauziyah, 2021: Sistem Pelayanan Perbankan Untuk Peningkatan Nasabah Di Masa Pandemi (Covid-19) Pada Bank BRI Unit Tempurejo Jember. Layanan perbankan sangat penting untuk industri perbankan yang sekarang berkembang semakin cepat seiring dengan kebutuhan nasabah yang juga semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan nasabah di masa pandemi pada perbankan terbesar milik indonesia dan yang berpotensi melayani kebutuhan, keperluan masyarakat perkotaan maupun perdesaan. Fokus penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana sistem pelayanan perbankan untuk peningkatan nasabah dimasa pandemi?, 2) Bagaimana proses pelayanan perbankan untuk peningkatan nasabah dimasa pandemi?, 3) Langkah apa yang dilakukan perbankan untuk peningkatan nasabah dimasa pandemi?. Tujuan penelitian yang diteliti pada skripsi ini adalah: 1) mendeskripsikan bagaimana sistem pelayanan perbankan untuk peningkatan nasabah dimasa pandemi. 2) mendeskripsikan bagaimana proses pelayanan untuk peningkatan nasabah dimasa pandemi. 3) mendeskripsikan usaha apa yang dilakukan perbankan untuk peningkatan nasabah dimasa pandemi. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode penelitian kualitatif, maka metode penelitian kualitatif ialah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, (sebagai lawannya eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive. Lokasi penelitian ini pada Bank BRI Unit Tempurejo Jember. Penelitian ini menghasilkan sistem pelayanan perbankan untuk peningkatan nasabah di masa pandemi Covid-19 pada Bank BRI Unit Tempurejo Jember diantaranya sistem dan proses, sebagai berikut: 1.) Mempromosikan produkproduk Bank BRI Unit Tempurejo Jember, 2.) Memberikan dana bantuan BPUM dan dana PIP, 3.) Adanya agen BRILink, 4.) Memberikan pelayanan yang baik, dan nyaman, 5.) Memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhannya. Sedangkan langkah-langkah untuk peningkatan nasabah di masa pandemi Covid-19 pada Bank BRI Unit Tempurejo Jember, diantaranya sebagai berikut: 1.) Memiliki klaster usaha, 2.) Web pasar atau online shop untuk mendorong perputaran ekonomi masyarakat pasar dan agar mengurangi kontak fisik, 3.) Segi pelayanan pinjaman, program pinjaman super mikro ke nasabah, pinjaman ini untuk usaha mikro agar masih bisa berjalan dan pulih usaha dalam kondisi terkena pandemi Covid-19, 4.) Sistem simpanan, bantuan BPUM (bantuan pelaku usaha mikro) dan dana PIP (program indonesia pintar) untuk pelajar. Kata Kunci: Sistem, Proses, Langkah, Pandemi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:09
Last Modified: 07 Jun 2022 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7227

Actions (login required)

View Item View Item