Analisis Strategi Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pedagang Wisata Religi Makam Ki Ronggo Bondowoso)

Dairotul Munawaroh, - (2021) Analisis Strategi Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pedagang Wisata Religi Makam Ki Ronggo Bondowoso). Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam Program Studi Ekonomi Syariah.

[img] Text
DAIROTUL MUNAWAROH_E20172112.pdf

Download (10MB)

Abstract

Dairotul Munawaroh, Dr. Moch. Chotib. S.Ag, M.M. : Analisis Strategi Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pedagang Wisata Religi Makam Ki Ronggo Bondowoso) Kata Kunci: Strategi, Penjualan, Covid-19 Adanya wisata religi makam Ki Ronggo Bondowoso sangat berdampak pada perekonomian masyarakat disekitarnya terutama para pedagang. Banyaknya pengunjung yang datang ke makam Ki Ronggo, menjadi salah satu sebab bertambahnya pendapatan para pedagang disekitar makam tersebut. Akan tetapi terjadinya pandemi Covid-19 menyebabkan segala aktivitas perekonomian masyarakat sekitar, khususnya para pedagang di kawasan makam Ki Ronggo terhenti dan pendapatan mereka mengalami penurunan drastis karena tidak dapat melakukan aktivitas perdagangan seperti sedia kala. Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti memfokuskan penelitian ini terhadap: 1. Bagaimana praktik jual beli yang dilakukan para pedagang di Wisata Religi Makam Ki Ronggo pada masa Pandemi Covid-19?, 2. Apa strategi yang digunakan para pedagang di Wisata Religi Mkam Ki Ronggo Bondowoso pada masa Pandemi Covid-19?, 3. Apa saja Kendala yang dihadapi oleh pedagang di Wisata Religi Makam Ki Ronggo dalam mengimplementasikan strategi penjualan pada maa Pandemi Covid-19? Penelitian ini mengguanakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive yaitu pertimbangan dalam memilih informan yang dianggap mengetahui informasi mengenai masalah yang akan diteliti. Sedangkan dalam teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Praktik jual beli yang dilakukan para pedagang di wisata religi makam Ki Ronggo pada masa pandemi Covid-19 yakni dengan cara tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, tidak berkumun, menyediakan handsanitiser, mencuci tangan dan menjaga jarak, 2. Dalam raktik jual beli strategi yang digunakan oleh para pedagang adalah strategi marketing mix. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya pada masa pandemi Covid-19, 3. Adapun kendala yang dialami oleh para pedagang dalam mengimplementasikan strategi penjualan yakni terdapat pada strategi advertising yang kurang maksimal, hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahan mengenai media elektronik dan pengaplikasiannya, serta tidak adanya kesanggupan untuk bisa memiliki media elektronik sebagai strategi promosi. .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:43
Last Modified: 08 Jun 2022 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7244

Actions (login required)

View Item View Item