Penerapan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Maarif (Mima) 29 Miftahul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022

Balgisia iza, Afkarina (2022) Penerapan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Maarif (Mima) 29 Miftahul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi fix balgisia iza afkarina.pdf

Download (4MB)

Abstract

Balgisia Iza Afkarina, 2022: Penerapan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Picture And
Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Maarif
(Mima) 29 Miftahul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci: cooperative learning type picture and picture, pendekatan saintifik, Ilmu Pengetahuan Alam.
Pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah membuat peserta
didik menjadi pasif, mengingat pentingnya model pembelajaran supaya peserta didik lebih mudah menerima materi yang diajarkan dan peserta didik bisa aktif.
Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan
pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Type
Picture and Picture berbasis pendekatan saintifik kelas IV di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022?; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Picture and Picture berbasis pendekatan saintifik kelas IV di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022?; (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Picture and Picture berbasis pendekatan saintifik kelas IV di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari penerapan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan model pembelajaran cooperative learning type picture and picture berbasis pendekatan saintifik kelas IV di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu Tahun Ajaran 2021/2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah miles dan huberman yang terdiri dari pengumpulan data,kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan menggunakan triangulasi Teknik, dan sumber.
Hasil penelitian ini yaitu: (1) dalam perencanaan pembelajaran IPA
menggunakan model pembelajaran cooperative learning type picture and picture berbasis pendekatan saintifik meliputi: guru bersama kepala sekolah membuat dan mengembangkan silabus dan RPP yang didalamnya disertai model pembelajaran cooperative learning type picture and picture diawal semester melalui rapat, guru menyiapkan media seperti kertas, alat peraga dan sebagainya di setiap seminggu sebelum mengajar, guru menyiapkan materi pembelajaran IPA khusunya daur hidup hewan di malam hari sebelum mengajar. (2) pelaksanaan pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran cooperative learning type picture and picture
berbasis pendekatan saintifik meliputi: kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. (3) evaluasi pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran cooperative learning type picture and picture berbasis pendekatan saintifik, meliputi 3 aspek yaitu, kognitif, afektif, dan psikomotorik menggunakan tes tulis dan tes lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069902 Global Change Biology
Depositing User: Balgisia iza Afkarina
Date Deposited: 08 Jun 2022 08:39
Last Modified: 08 Jun 2022 08:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7247

Actions (login required)

View Item View Item