Implementasi Andragogi dalam Pembelajaran PAI pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kabupaten Banyuwangi

Anggraini, Lintin Ayu (2022) Implementasi Andragogi dalam Pembelajaran PAI pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_Lintin_Ayu_Anggraini_T20181163[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Lintin Ayu Anggraini, 2022 “Implementasi Andragogi dalam Pembelajaran PAI Pada Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kabupaten Banyuwangi”.

Maraknya kasus kriminal dan tindak kejahatan yang sangat merajalela. Narapidana yaitu orang yang tengah menjalani hukuman atas akibat dari perbuatan kejahatan. Penyebab orang melakukan tindak kejahatan karena ada banyak faktor diantaranya karena rendahnya tingkat ketakwaan dalam jiwa manusia. Sehingga perlunya pembelajaran PAI pada narapidana, guna meningkatkan kesadaran iman para narapidana agar bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi untuk kedepannya. Tentunya semua itu dibarengi dengan adanya pendidikan khusus, pendidikan itu adalah andragogi atau pendidikan orang dewasa (POD). Andragogi adalah ilmu tentang cara membantu orang dewasa belajar. Adapun nantinya dengan adanya andragogi dalam pembelajaran PAI ini, bisa menumbuhkan rasa kesadaran dan kemandirian dalam menyelesaikan segala permasalahan yang dialami narapidana dan yakin bahwa mereka sangat butuh belajar ilmu agama.
Fokus yang dikaji dalam penelitian ini sebagai berikut, 1) Apa tujuan andragogi dalam pembelajaran PAI pada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIa Kabupaten Banyuwangi?; 2) Apa materi andragogi dalam pembelajaran PAI pada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIa Kabupaten Banyuwangi?; 3) Apa model andragogi dalam pembelajaran PAI pada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIa Kabupaten Banyuwangi?; 4) Bagaimana evaluasi andragogi dalam pembelajaran PAI pada narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIa Kabupaten Banyuwangi?
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Matthew B. Miles, A. Michael Huberman dan Johnny Saldana dan analisis model ini dilakukan secara interaktif, yaitu berupa Kondensasi Data (Condensation), Display Data, dan Gambaran atau Kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing /verification). Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil Penelitian ini yaitu 1) Tujuan andragogi dalam pembelajaran PAI pada narapidana bertujuan untuk meningkatkan rasa kesadaran iman dan ketakwaan narapidana agar bisa menjadi pribadi lebih baik; 2) Materi andragogi dalam pembelajaran PAI pada narapidana bersifat pembelajaran PAI secara kontekstual; 3) Model andragogi dalam pembelajaran PAI pada narapidana dikemas dalam bentuk penyuluhan agama oleh Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi; 4) Evaluasi andragogi dalam pembelajaran PAI pada narapidana dilakukan dalam bentuk penilaian dengan pengamatan langsung dilapangan.

Kata kunci: Andragogi, Pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Lintin Ayu Anggraini
Date Deposited: 08 Jun 2022 08:34
Last Modified: 08 Jun 2022 08:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7251

Actions (login required)

View Item View Item