Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi di MI Al-Hidayah Mangli Tahun Ajaran 2020/2021

Fadly, Mohammad (2022) Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemi di MI Al-Hidayah Mangli Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOHAMMAD FADLY.pdf - Draft Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya suatu model pembelajaran yang baru saja diterapkan di MI Al-Hidayah Mangli pada masa pandemi ini. Pembelajaran online yang diterapkan saat ini tentu dilakukan dengan menggunakan berbagai sarana, seperti media aplikasi yang tersedia. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan masih terdapat beberapa permasalahan yang terjadi ketika pelaksanaan kegiatan pembelajaran online. Maka dari itu, gaya belajar berperan dalam kegiatan pembelajaran baik online maupun offline untuk mempermudah peserta didik dalam menerima materi yang diberikan oleh pendidik. Penelitian tentang gaya belajar ini bertujuan untuk : 1) Untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa pada masa pandemi di MI Al Hidayah Mangli, 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada masa pandemi di MI Al-Hidayah Mangli, 3) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi di MI Al-Hidayah Mangli. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah survey. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V MI Al-Hidayah Mangli sebanyak 49 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya: observasi, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian pengaruh gaya belajar ini menunjukan bahwa: 1) Gaya belajar siswa kelas IV dan V dari total keseluruhan sampel lebih cenderung ke gaya belajar visual dengan frekuensi 24 siswa dan presentasenya sebesar 48,98%. 2) Hasil belajar siswa di kelas IV dan V yang diambil dari nilai rata-rata ujian akhir semester berada pada kategori “tinggi” dengan presentase 33% pada interval 76,2-78,4 dan jumlah frekuensi sebanyak 16 siswa. 3) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar siswa di MI Al-Hidayah Mangli. Tingkat signifikansinya dapat dilihat dari perbandingan nilai signifikansi dan nilai tperbandingan t_hitung dan t_tabel. Nilai signifikansi sebesar 0,404 > probablitas 0,05, sedangkan nilai t_hitung sebesar -0,843 dan nilai t_tabel.sebesar 1,676, maka perbandingannya -0,843 < 1,676. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Hipotesis alternatif ditolak sedangkan Hipotesis nihil diterima, yang berarti bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar MI Al-Hidayah Mangli tahun 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Mohammad Fadly
Date Deposited: 08 Jun 2022 06:39
Last Modified: 08 Jun 2022 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7272

Actions (login required)

View Item View Item