Siti Komariah, - (2021) Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Menangkal Radikalisme di Madrasah Aliyah Nahdlatut Thalabah Kesilir, Wuluhan, Jember. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN KHAS Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
SITI KOMARIAH_084141492.pdf Download (18MB) |
Abstract
Siti Komariah, (084141492). Juni 2021: Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Menangkal Radikalisme di Madrasah Aliyah Nahdlatut Thalabah Kesilir, Wuluhan, Jember. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN KHAS Jember. Kata kunci: Peran Guru, Radikalisme. Guru sebagai pelaku utama dalam proses pembelajran dalam hal memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai tujuan pendidikan, peran guru meliputi: mendini sebagai telah muncul dan menyebar di tengah mendidik, pembimbing, mengajar, melatih, menasehati dan melakukan evaluasi. Radikalisme telah muncul di tengah masyarakat tidak terkecuali di lembaga pendidikan, baik tingkat menengah maupun atas. Masa remaja adalah masa pencarian jati diri sehingga mudah terpengaruh oleh sesuatu yang baru di lingkungannya, tidak terkecuali pemahaman keagamaan. Kehadiran guru aqidah akhlak memiliki peran dalam mewujudkan sikap toleransi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana peran guru aqidah akhlak sebagai pendidik dalam menangkal radikalisme di Madrasah Aliyah Nahdlatut Thalabah Kesilir, Wuluhan, Jember?, 2. Bagaimana peran guru aqidah akhlak sebagai pengajar dalam menangkal radikalisme di Madrasah Aliyah Nahdlatut Thalabah Kesilir, Wuluhan, Jember?, dan 3. Bagaimana peran guru aqidah akhlak sebagai sebagai pembimbing dalam menangkal radikalisme di Madrasah Aliyah Nahdlatut Thalabah Kesilir, Wuluhan, Jember? Tujuan penelitian sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak sebagai pendidik dalam menangkal radikalisme di Madrasah Aliyah Nahdlatut Thalabah Kesilir, Wuluhan, Jember, 2. Mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak sebagai pengajar dalam menangkal radikalisme di Madrasah Aliyah Nahdlatut Thalabah Thalabah Kesilir, Wuluhan, Jember, dan 3. Mendeskripsikan peran guru aqidah akhlak sebagai pembimbing dalam menangkal radikalisme di Madrasah Aliyah Nahdlatut Thalabah Kesilir, Wuluhan, Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Subyek penelitian dipilih berdasarkan purposive sampling. Adapun lokasi penelitian ini di Madrasah Aliyah Nahdlatuth Thalabah Kesilir, Wuluhan, Jember. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah berikut, yakni kondensasi data (selecting, focusing, abstracting, simplying, dan transforming), penyajian data, dan verivikasi atau kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah 1. Peran guru aqidah akhlak sebagai pendidik dalam menangkal radikalisme dilakukan dengan cara memberikan contoh ketauladanan, meliputi perilaku hidup sehat jasmani dan rohani, juga sikap cinta tanah air. 2. Peran guru aqidah akhlak sebagai pengajar dalam menangkal radikalisme dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran, meliputi membuat ilustrasi, mendefinisikan, menganalisis, menyediakan media dalam mengkaji materi, juga dialog keagamaan tentang Islam rahmatan lil-alamin, juga penjelasan tentang toleransi. 3. Peran guru aqidah akhlak sebagai pembimbing dalam menangkal radikalisme dilakukan dengan cara memantau kegiatan dan mentoring keagamaan meliputi: pembacaan asmaul husna, kegiatan peringatan hari-hari besar Islam, kegiatan hari-hari nasional, pemahaman teori radikalisme.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | Mr Ifan Ali Mufti |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 08:46 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 08:46 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7295 |
Actions (login required)
View Item |