Peran Guru dalam Pembelajaran Al Qur'an melalui Aplikasi Program Holy Qur'an Release 6,5 Plus di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Akyuni, Isnaya Qurratu (2022) Peran Guru dalam Pembelajaran Al Qur'an melalui Aplikasi Program Holy Qur'an Release 6,5 Plus di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ISNAYA QURRATU AKYUNI T20181010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Isnaya Qurratu Akyuni, 2022: Peran Guru dalam Pembelajaran Al Qur’an melalui Aplikasi Program Holy Qur’an Release 6,5 Plus di Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Sholah Jember Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci: Peran Guru, Pembelajaran Al Qur’an, Aplikasi Holy Qur’an Release 6,5 Plus Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang ada di dalam SMP Plus Darus Sholah Jember, memilih untuk menggunakan Aplikasi Holy Qur’an Release 6,5 Plus dalam pembelajaran Al Qur’an yang disekolah lain belum ada yang menggunakan, namun tidak semua guru dapat mengajarnya karena guru tersebut selain mengetahui ilmu Al Qur’an juga harus benar-benar menguasai ilmu teknologi, untuk itu diperlukan peran guru dalam pembelajaran Al Qur’an agar berjalan dengan lancar, hal tersebut mendorong peneliti untuk menggali informasi secara mendalam terkait peran-peran guru Al Qur’an yang diterapkan dalam pembelajarannya, yang hingga saat ini siswa mnjadi output yang baik. Berdasarkan uraian di atas, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam pembelajaran Al Qur’an melalui Aplikasi Program Holy Qur’an Release 6,5 Plus di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Plus Darus Sholah Jember tahun Pelajaran 2021/2022?, 2) Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam pembelajaran Al Qur’an melalui Aplikasi Program Holy Qur’an Release 6,5 Plus di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Plus Darus Sholah Jember tahun Pelajaran 2021/2022), 3) Bagaimana peran guru sebagai pelatih dalam pembelajaran Al Qur’an melalui Aplikasi Program Holly Qur’an Release 6,5 Plus di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Plus Darus sholah Jember tahun pelajaran 2021/2022? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive, Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif teori milik Miles Huberman dan Saldana yang terdiri dari data condentation, display dan verification. Uji Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun beberapa kesimpulan hasil penelitian ini yaitu: 1) Peran guru sebagai pendidik dalam Pembelajaran Al Qur’an melalui Aplikasi Program Holly Qur’an Release 6,5 Plus dilaksanakan dengan menjadi contoh (Role Model) kepada siswa, Menjadi pengelola lingkungan belajar Al Qur’an (Fasilitator) dalam proses pembelajaran Al Qur’an, Pemberi nasihat (Motivator) untuk menumbuhkan semangat belajar Al Qur’an. 2) Peran guru sebagai pengajar dilaksanakan dengan penyampaian materi Al Qur’an (Informator), pengarah pembelajaran Al Qur’an (Administrator dan Direktor), penilai Pembelajaran Al Qur’an (Evaluator). 3) Peran guru sebagai pelatih dalam pembelajaran Al Qur’an melalui Aplikasi Program Holy Qur’an Release 6,5 Plus yakni melatih BTA (Baca Tulis Al Qur’an), dan melatih ketrampilan pengoperasian icon aplikasi Holy Qur’an yakni icon Tayangan, Bacaan, Latihan, Cari serta Hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Isnaya Qurratu Akyuni
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:03
Last Modified: 13 Jun 2022 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7301

Actions (login required)

View Item View Item