Ita Dwi Rahayu, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Tematik Materi Sains di MI Miftahul Ulum III Sumbersari Gumukmas Jember Tahun Ajaran 2020/2022. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
ITA DWI RAHAYU_T20174074.pdf Download (36MB) |
Abstract
Ita Dwi Rahayu, 2021: Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Tematik Materi Sains di MI Miftahul Ulum III Sumbersari Gumukmas Jember Tahun Ajaran 2020/202 Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Pembelajaran Tematik . Pendidikan merupakan perjalanan tidak pernah terhenti sepanjang masa oleh karena itu bermunculan teori atau konsep mengenai pendidikan dengan latar belakang yang berbeda-beda sehingga difinisipun beragam melalui pendidikan manuisa terbebas dari keterbelakangan, kebodohan. Proses pendidikan di Era Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia memiliki dampak pada pendidikan dan pemerintah. Berkaitan dengan pembelajaran Era Pandemi Covid-19 pihak sekolah dan guru mengupayakan bebrbagai hal dalam memaksimalkan pembelajaran dengan berbagai macam seperti menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada mata pelajaran tematik materi sians. Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan suatu rangkaian belajar yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara kritis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuan dengan penuh percaya diri. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran tematik materi sains di MI Miftahul Ulum III Sumbersari Gumukmas Jember Tahun Ajaran 2020/2021?; (2) Bagaimana pelaksanaan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran tematik materi sains di MI Miftahul Ulum III Sumbersari Gumukmas Jember Tahun Ajaran 2020/2021?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing serta mendeskripsikan Pelaksanaan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran Tematik Materi Sains di MI Miftahul Ulum III Sumbersari Gumukmas Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fild research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini Analisis data menggunakan konsep dari model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari data Kondensasi data (Condensation), Penyajian Data (Display, Penarikan Kesimpulan (Conclusions Drawing). Keabsahan menggunakan triangulasi teknik, sumber dan waktu. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran tematik 2) pelaksanaan penerapan model pembelajaran Inkuiri terbimbing dalam pembelajaran tematik sebagai berikut a). Kegiatan Awal b). Kegiatan Inti c). Kegiatan Akhir d). Evaluasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan minat belajar siswa pada pelajaran IPA materi Invertebata, perubahan wujud benda dan konduktor di MI Miftahul Ulum III Subersari Gumukmas Jember
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 07:26 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 07:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7302 |
Actions (login required)
View Item |