Upaya Pusat Program Mingguan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember

Muhammad Cahyo Fachrudi, - (2021) Upaya Pusat Program Mingguan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Muhammad Cahyo Fachrudi_T20171391.pdf

Download (26MB)

Abstract

Muhammad Cahyo Fachrudi, 2021: Upaya Pusat Program Mingguan dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember Kata Kunci: Upaya Pusat Program Mingguan dan Pendidikan Karakter Pendidikan karakter sangat penting untuk membentuk generasi yang cerdas, berakhlakul karimah, tekun, dan bertanggung jawab. Jika tidak, akan terjadi kemerosotan nilai-nilai kebangsaan dan keluhuran. Untuk mencegah hal tersebut, sekolah sebagai salah satu tempat pendidikan karakter yang diharapkan mampu mempertahankan nilai-nilai keluhuran dan kebangsaan melalui berbagai kegiatan yang ada di dalamnya. Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu 1) Bagaimana program pidato dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Unggulan AlQodiri 1 Jember? 2) Bagaimana program debat dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs unggulan Al-Qodiri 1 Jember? 3) Bagaimana program drama dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Unggulan Al-Qodiri 1 Jember? Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan program pidato dalam pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. 2) Mendeskripsikan program debat dalam pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember. 3) Mendeskripsikan program drama dalam pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara bebas terpimpin, observasi partisipan dan non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu 1) Program pidato dalam pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember melalui beberapa hal yaitu penugasan, Briefing, membuat teks pidato, latihan berpidato, berdoa sebelum dan setelah kegiatan, pelaksanaan lomba pidato, pembagian hadiah . 2) Program debat dalam pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember melalui beberapa hal, yaitu penugasan, Briefing, mencari argumen, menyusun strategi untuk lomba debat, berdoa sebelum dan setelah kegiatan, pelaksanaan lomba debat, dan pembagian hadiah. 3) Program drama dalam pembentukan karakter peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Al-Qodiri 1 Jember melalui beberapa hal, yaitu penugasan, pembuatan naskah drama, pembagian peran, pembuatan kostum dan properti, latihan drama, berdoa sebelum dan setelah kegiatan, pelaksanaan lomba drama, pemberian ibrah, pembagian hadiah, bersih-bersih tempat kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:26
Last Modified: 09 Jun 2022 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7307

Actions (login required)

View Item View Item