Penggunaan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 7 Jember

Putri Nurlaily K, - (2021) Penggunaan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 7 Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Putri Nurlaily K_T20151308.pdf

Download (1MB)

Abstract

Putri Nurlaily K, 2021: Penggunaan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 7 Jember Kata Kunci : Media Powerpoint, Psikomotorik, Pembelajaran PAI Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena media pembelajaran dapat mempengaruhi tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan di kelas. Tujuan pembelajaran dengan menggunakan powerpoint yaitu untuk melatih siswa agar lebih kreatif lagi, agar nantinya pemahaman siswa mengenai powerpoint dapat berkembang lebih luas lagi, supaya dengan hal itu juga siswa bisa mengaplikasikan powerpoint tersebut di dalam kelas. Fokus penelitian yang diteliti di dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi pengorganisasian isi dari penggunaan media powerpoint untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Jember ? 2) Bagaimana penyampaian isi dari penggunaan media powerpoint untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Jember? 3) Bagaimana strategi pengelolaan dari penggunaan media powerpoint untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Jember?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deksriptif kualitatif yang meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa 1) strategi pengorganisasian isi dari penggunaan media powerpoint untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Jember dengan menggunakan media powerpoint siswa sudah bisa mengaplikasikan media powerpoint, dan untuk melatih siswa lebih kreatif dan inovatif, serta mandiri dalam proses belajar mengajar di dalam kelas, dan mengajarkan siswa untuk menalar dan berfikir sendiri terkait pembelajaran sehingga siswa bisa lebih aktif dari pada guru. 2) penyampaian isi dari penggunaan media powerpoint untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Jember Dalam penyampaian materi siswa masih kurang jelas sehingga siswa lain tidak memahami materi yang disampaikan didepan. 3) strategi pengelolaan dari penggunaan media powerpoint untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 7 Jember dalam pengelolaan materi siswa masih kurang baik. Interaksi antara siswa satu dengan siswa lainnya masih kurang baik, sehingga siswa lain tidak memperhatikan materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:44
Last Modified: 10 Jun 2022 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7319

Actions (login required)

View Item View Item