Win, Usuluddin (2010) Membuka Gerbang Filsafat. [Haki]
Text
HAKI.pdf - Published Version Download (576kB) |
Abstract
Sebagai bidang pengetahuan yang khas, filsafat sudah barang tentu memiliki hampiran,
metode, dan langkah yang tersendiri pula untuk mempelajarinya. Hampiran, metode, dan
langkah itupun beragam sesuai dengan filsuf yang mengemukakannya sehingga tidak ada satu
metode khusus dan paling baik berlaku, serta paling membawa hasil bagi bidang pengetahuan
ini. Semua cara yang meliputi aneka titik pangkal, problema yang menjadi pusat perhatian,
beragam hampiran studi, serta segenap prosedur pembacaan memiliki kedudukan yang sama
pentingnya. Setiap orang yang akan memulai belajar filsafat dapat memilih dan menggunakan
satu atau beberapa cara yang sejalan dan sesuai dengan kemampuan pikirannya,
kecendurangan pribadinya, dan tujuan yang ingin dicapainya. Hampiran dalam studi filsafat
pada pokoknya ada 2 (dua) yaitu: pertama, historical approach yang dalam hal ini studi filsafat
dimasuki melalui sejarah perkembangan dari awal hingga kini. Kedua, systematic approach
yang dalam hal ini berarti mempelajari filsafat sesuai dengan bidang-bidangnya secara
sistematis (misalnya: matafisika, epistemologi, logika, etika, dan estetika). Sedangkan
beberapa metode filsafat yang dapat disebut di sini antara lain: scientific method, pragmatic
method, intuitive method, subjective method, linguistic method, methods of metaphysics dan
lain sebagainya. Adapun problematika mendasar yang menjadi titik pusat perhatian disiplin
filsafat dengan demikian adalah persoalan yang bersifat umum, nonfaktual, value and meaning,
spektakuler, dan implikatif.
Item Type: | Haki |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220315 Philosophy of Religion |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam |
Depositing User: | Dr. Win Usuluddin Bernadien |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 05:10 |
Last Modified: | 04 Jul 2022 05:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7340 |
Actions (login required)
View Item |