Pendidikan agama islam berbasis pesantren di SMP Wahid Hasyim Rogojampi Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022

Nuraini, Husnul Hotimah (2022) Pendidikan agama islam berbasis pesantren di SMP Wahid Hasyim Rogojampi Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HUSNUL HOTIMAH WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Husnul Hotimah Nuraini, 2022: Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren Di SMP Wahid Hasyim Rogojampi Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Berbasis Pesantren

Pendidikan Islam merupakan salah satu pendidikan yang diakui keberadaannya dalam sistem pendidikan nasional Indonesia yang terbagi kedalam tiga bagian. Pertama, pendidikan Islam sebagai lembaga, diakuinya keberadaan lembaga pendidikan secara eksplisit. Kedua, pendidikan Islam sebagai mata pelajaran, diakuinya pendidikan agama sebagai salah satu pelajaran yang wajib diberikan pada tingkat dasar sampai perguruan tinggi. Ketiga, pendidikan Islam sebagai nilai (value), yakni ditemukannya nilai-nilai islami dalam sistem pendidikan.Pendidikan pesantren juga menjadi forum pendidikan Islam yang tumbuh serta diakui oleh masyarakat. Seiring berjalannya waktu, pesantren berupaya untuk mendengar dan merealisasikan sistem pendidikan modern, dengan membangun pendidikan formal. Maka tidak asing lagi fenomena menejemen berpadu antara pendidikan pesantren dengan pendidikan formal yang menjadi tren baru.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Tujuan dari Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren di SMP Wahid Hasyim Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren di SMP Wahid Hasyim Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. 3) Mendeskripsikan Metode Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren di SMP Wahid Hasyim Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. 4) Mendeskripsikan Evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren di SMP Wahid Hasyim Rogojampi Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dapat dikategorikan kedalam penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian yang selanjutnya disebut informan atau subjek penelitian melalui teknik pengumpulan data.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Tujuan dari pendidikan agama Islam berbasis pesantren di SMP Wahid Hasyim Rogojampi adalah untuk memberikan solusi pengoptimalan pendidikan agama Islam di sekolah agar dapat mencetak sumber daya manusia yang memiliki iman yang kuat, bertaqwa kepada Allah SWT, memiliki pengetahuan keagaman serta berwawasan global dan berpegang pada Al-Quran dan hadis dengan ajaran ahlussunnah wal jamaah. 2) Materi pendidikan agama Islam yang diberikan adalah buku acuan Kurikulum 2013 dan LKS dan Untuk kitab yang digunakan oleh guru PAI adalah kitab Safinatun Najah, kitab Sulamul Munajat, kitab Aqidatul Awam. 3) Metode pendidikan agama Islam berbasis pesantren yang digunakan adalah metode ceramah, metode diskusi, praktek dan metode tanya jawab. Dan juga metode bandongan untuk pengajaran kitab klasiknya 4) evaluasi pendidikan agama Islam berbasis pesantren adalah ulangan harian, ulangan tengah semester, hafalan dan juga praktek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Husnul Hotimah Nuraini
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:18
Last Modified: 14 Jun 2022 02:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7388

Actions (login required)

View Item View Item