Pengembangan media Pop Up Book pada pembelajaran IPS di MTs.Mambaul Ulum Kemiri Panti Jember tahun pelajaran 2020/2021

Fenny Nadia Annainawa, - (2021) Pengembangan media Pop Up Book pada pembelajaran IPS di MTs.Mambaul Ulum Kemiri Panti Jember tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
Fenny Nadia Annainawa_T20179012.pdf

Download (8MB)

Abstract

Fenny Nadia Annainawa, 2021: Pengembangan media Pop Up Book pada pembelajaran IPS di MTs.Mambaul Ulum Kemiri Panti Jember tahun pelajaran 2020/2021 Kata kunci: Pengembangan media, Pop up Book, pembelajaran IPS Kurangnya pengetahuan guru untuk mengembangkan media pembelajaran dan penggunaan media yang kurang efektif dalam pembelajaran menyebabkan proses pembelajaran menjadi permasalahan bagi siswa. Hal ini membuat hasil belajar siswa berkurang dan sulit ditingkatkan. Media pembelajaran Pop up Book kemudian dikembangkan untuk membantu proses pembelajaran lebih kreatif, inovatif dan memacu semangat belajar siswa. Fokus penelituan ini adalah: 1).Bagaimana langkah-langkah pengembangan media pembelajaran Pop up Book pada pembelajaran IPS di MTs.Mambaul Ulum Kemiri Panti Jember tahun pelajaran 2020/2021. 2).Bagaimana keefektifan penggunaan produk Pop Up Book pada pembelajaran IPS di MTs.Mambaul Ulum Kemiri Panti Jember tahun pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media pop up book pada matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII di MTs Mambaul Ulum Kemiri Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. 2). Mengetahui keefektifan penggunaan produk Pop up book book pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII di MTs Mambaul Ulum Kemiri Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Researchand Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D Penjelasan mengenai kemenarikan media pembelajaran menggunakan angket yang di uji oleh ahli validasi. Sedangkan dalam menjelaskan sebelum dan sesudah menggunakan desain pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan yaitu : 1) langkah pengembangan ini memliki bebrapa tahapan yaitu : Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). 2) keefektifan penggunaan media pembelajaran dilakukan untuk memperoleh nilai kondisi awal dan akhir peserta didik, keefektifan media berisi data hasil dari nilai pre test dengan hasil 33,83 dan post test dengan hasil 89, 41 lalu menggunakan Uji T. Sehingga pengembangan media Pop Up Book ini efektif digunakan untuk pembelajaran Ilmu pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:08
Last Modified: 14 Jun 2022 02:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7399

Actions (login required)

View Item View Item