Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Pada Kelas VII Di SMPN 2 Rambipuji Jember.

M. Irvan Nur Wakhid, - (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Pada Kelas VII Di SMPN 2 Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

[img] Text
M. Irvan Nur Wakhid_T201710020.pdf

Download (10MB)

Abstract

M. Irvan Nur Wakhid, 2021: Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Pada Kelas VII Di SMPN 2 Rambipuji Jember. Kata Kunci : Video Pembelajaran, CTL, Kalor dan Perpindahannya Materi Kalor dan Perpindahannya merupakan salah satu materi IPA SMP yang membahas tentang perambatan atau perpindahan kalor dari suatu benda ke benda yang lain, di mana penerapan materinya bersifat faktual dan kontekstual dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan studi pendahuluan yang dihimpun dari guru dan peserta didik di SMPN 2 Rambipuji Jember, media pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan penyampaian materi yang bersifat kontekstual khususnya pada masa pandemi adalah video pembelajaran dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Tujuan dari penelitian ini yaitu, (1) Mendeskripsikan validitas video pembelajaran dengan pendekatan CTL pada materi kalor dan perpindahannya; (2) Mendeskripsikan respons peserta didik terhadap video pembelajaran dengan pendekatan CTL pada materi kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penilaian produk untuk validasi video pembelajaran yaitu ahli materi dan ahli media yang terdiri dari dosen dan guru IPA. Uji respons siswa dalam penelitian ini yaitu 6 siswa dalam uji respons skala kecil dan 30 siswa dalam uji respons skala besar. Berdasarkan dari hasil penelitian pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil rata-rata persentase uji validasi ahli materi sebesar 88,57% ahli media sebesar 86,66% dan guru IPA sebesar 92,94% dengan memenuhi kategori sangat valid. (2) Hasil respons uji coba skala kecil diperoleh rata-rata persentase sebesar 91,79% dengan kategori sangat valid, dilanjutkan uji coba skala besar diperoleh rata-rata persentase sebesar 90,87% dengan kategori sangat valid sehingga video pembelajaran ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran tanpa revisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 14 Jun 2022 02:55
Last Modified: 14 Jun 2022 02:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7400

Actions (login required)

View Item View Item