Eka Yunike Sari, - (2021) Penggunaan Media Pohon Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 1A Tema 6 di MI Inayatur Rohman Curahnongko Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Text
Eka Yunike Sari_T20174036.pdf Download (6MB) |
Abstract
Eka Yunike Sari, 2021: Penggunaan Media Pohon Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 1A Tema 6 di MI Inayatur Rohman Curahnongko Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata kunci : Media Pohon Literasi, Minat Baca, MI Inayatur Rohman Curahnongko Jember Pohon literasi merupakan media pembelajaran yang dibuat dengan kreatif yang ditempelkan pada dinding kelas. Dengan adanya media pohon literasi dapat menghadirkan pembelajaran varian baru serta menjadikan pembelajaran menjadi lebih asyik, menyenangkan dan siswa lebih bersemangat untuk membaca. Kegiatan membaca merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran. Membaca perlu ditanamankan sedini mungkin, karena dengan kegiatan membaca dapat menstimulus imajinasi anak. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, minat baca siswa kelas 1A di MI Inayatur Rohman Curahnongko Jember dikategorikan rendah. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil pre test melalui angket, dari 19 presentase minat baca siswa hanya 10,52%. Maka dari itu, diperlukan media yang sesuai untuk membantu meningkatkan minat baca siswa kelas 1A. Media yang digunakan dalam meningkatkan minat baca siswa adalah Media Pohon Literasi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses penggunaan media pohon literasi dalam meningkatkan minat baca siswa Kelas 1A Tema 6 di Madrasah Ibtidaiyah Inayatur Rohman Curahnongko Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses Penggunaan Media Pohon Literasi dalam meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas 1A di Madrasah Ibtidaiyah Inayatur Rohman Curahnongko Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan yang muncul di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Target yang ditentukan untuk mencapai keberhasilan yaitu ≥ 80%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pohon literasi dapat meningkatkan minat baca siswa kelas 1A. Hal ini dibuktikan dari data yang diperoleh hasil post test melalui angket. Pada siklus I minat baca siswa mencapai 31,5 %. Siklus II minat baca siswa mencapai 68, 42%, dan siklus III minat baca siswa mencapai 84,8%. Berdasarkan data yang diperoleh maka penelitian dihentikan pada siklus III, karena sudah mencapai target yang ditentukan. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan media pohon literasi dapat meningkatkan minat baca siswa kelas 1A di Madrasah Ibtidaiyah Inayatur Rohman Curahnongko Jember Tahun Pelajaran 2020/2021
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 02:55 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 02:55 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7402 |
Actions (login required)
View Item |