Aditya Agusti Divanto, Aditya (2022) Strategi Pembelajaran Aktif Inovatif dan Menyenangkan (AIM) Mata Pelajaran PAI dan BP Kelas IX SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI ADITYA AGUSTI DIVANTO T20181083 PAI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran PAI dan BP perlu menggunakan strategi agar
guru mudah dalam melaksanakan pembelajaran PAI dan BP di kelas. Pemilihan
strategi pembelajaran yang baik ini merupakan salah satu upaya untuk
menciptakan kegitan pembelajaran yang kondusif sesuai dengan tujuan
pembelajaran PAI dan BP. Faktanya, sesuai dengan hasil wawancara penulis
dengan guru PAI dan BP SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan
Winongan Kabupaten Pasuruan terdapat permasalahan yang perlu diatasi.
Permasalahan tersebut adalah turunnya minat belajar peserta didik dan pengaruh
dari game online yang membuat peserta didik kurang tertarik untuk mengikuti
kegiatan pembelajaran PAI dan BP.
Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) bagaimana perencanaan strategi
pembelajaran aktif, inovatif dan menyenangkan (AIM) mata pelajaran PAI dan
BP kelas IX SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan
Kabupaten Pasuruan, 2) bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran aktif,
inovatif dan menyenangkan (AIM) mata pelajaran PAI dan BP Kelas IX SMP
Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan, 3)
bagaimana evaluasi strategi pembelajaran aktif, inovatif dan menyenangkan
(AIM) mata pelajaran PAI dan BP Kelas IX SMP Negeri 1 Winongan Desa
Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan
Tujuan penelitian skripsi ini adalah 1) mendeskripsikan perencanaan
strategi pembelajaran aktif, inovatif dan menyenangkan (AIM) mata pelajaran
PAI dan BP Kelas IX SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan
Winongan Kabupaten Pasuruan, 2) mendeskripsikan pelaksanaan strategi
pembelajaran aktif, inovatif dan menyenangkan (AIM) mata pelajaran PAI dan
BP Kelas IX SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan
Kabupaten Pasuruan, 3) mendeskripsikan evaluasi strategi pembelajaran aktif,
inovatif dan menyenangkan (AIM) mata pelajaran PAI dan BP Kelas IX SMP
Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Lokasi penelitian skripsi ini di SMP Negeri 1 Winongan. Teknik
penentuan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan coding (pengkodean), langkah-langkah analisis data menggunakan
kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) perencanaan strategi
pembelajaran aktif, inovatif dan menyenangkan (AIM) mata pelajaran PAI dan
BP kelas IX SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan
Kabupaten Pasuruan dilakukan dengan beberapa langkah. Langkah yang pertama
menentukan tujuan pembelajaran PAI dan BP, menentukan materi pelajaran PAI
dan BP, menentukan sumber/media pembelajaran PAI dan BP, menentukan
metode pembelajaran PAI dan BP diakhiri dengan tahap persiapan pembelajaran
PAI dan BP, 2) pelaksanaan strategi pembelajaran aktif, inovatif dan
menyenangkan (AIM) mata pelajaran PAI dan BP kelas IX SMP 1 Negeri
Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan dilakukan
melalui tiga tahap. Tahap yang pertama membuka pelajaran PAI dan BP. Tahap
yang kedua menyampaikan materi pelajaran PAI dan BP yang dikolaborasikan
dengan metode pembelajaran, media pembelajaran, pengelolaan kelas dan
membangun interkasi belajar PAI dan BP. Tahap yang ketiga menutup kegiatan
pelajaran PAI dan BP dengan memberikan nilai kepada peserta didik yang aktif,
refleksi, mengingatkan pelaksanaan ulangan harian pada pertemuan selanjutnya
diakhiri dengan membaca do’a bersama, 3) evaluasi strategi pembelajaran aktif,
inovatif dan menyenangkan (AIM) mata pelajaran PAI dan BP kelas IX SMP
Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan
dilakukan melalui dua tahap. Tahap yang pertama melaksanakan ulangan harian
sebagai tahap evaluasi proses. Tahap yang kedua menyusun laporan penilaian
peserta didik SMP Negeri Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs Aditya Adi Purwanto |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 07:37 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 07:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7413 |
Actions (login required)
View Item |