Strategi Pembelajaran Aktif Inovatif dan Menyenangkan (AIM) Mata Pelajaran PAI dan BP Kelas IX SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022

Aditya Agusti Divanto, Aditya (2022) Strategi Pembelajaran Aktif Inovatif dan Menyenangkan (AIM) Mata Pelajaran PAI dan BP Kelas IX SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ADITYA AGUSTI DIVANTO T20181083 PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran PAI dan BP perlu menggunakan strategi agar guru mudah dalam melaksanakan pembelajaran PAI dan BP di kelas. Pemilihan strategi pembelajaran yang baik ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan kegitan pembelajaran yang kondusif sesuai dengan tujuan pembelajaran PAI dan BP. Faktanya, sesuai dengan hasil wawancara penulis dengan guru PAI dan BP SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan terdapat permasalahan yang perlu diatasi. Permasalahan tersebut adalah turunnya minat belajar peserta didik dan pengaruh dari game online yang membuat peserta didik kurang tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran PAI dan BP. Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) bagaimana perencanaan strategi pembelajaran aktif, inovatif dan menyenangkan (AIM) mata pelajaran PAI dan BP kelas IX SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan, 2) bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran aktif, inovatif dan menyenangkan (AIM) mata pelajaran PAI dan BP Kelas IX SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan, 3) bagaimana evaluasi strategi pembelajaran aktif, inovatif dan menyenangkan (AIM) mata pelajaran PAI dan BP Kelas IX SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan Tujuan penelitian skripsi ini adalah 1) mendeskripsikan perencanaan strategi pembelajaran aktif, inovatif dan menyenangkan (AIM) mata pelajaran PAI dan BP Kelas IX SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan, 2) mendeskripsikan pelaksanaan strategi pembelajaran aktif, inovatif dan menyenangkan (AIM) mata pelajaran PAI dan BP Kelas IX SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan, 3) mendeskripsikan evaluasi strategi pembelajaran aktif, inovatif dan menyenangkan (AIM) mata pelajaran PAI dan BP Kelas IX SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian skripsi ini di SMP Negeri 1 Winongan. Teknik penentuan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan coding (pengkodean), langkah-langkah analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) perencanaan strategi pembelajaran aktif, inovatif dan menyenangkan (AIM) mata pelajaran PAI dan BP kelas IX SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan dilakukan dengan beberapa langkah. Langkah yang pertama menentukan tujuan pembelajaran PAI dan BP, menentukan materi pelajaran PAI dan BP, menentukan sumber/media pembelajaran PAI dan BP, menentukan metode pembelajaran PAI dan BP diakhiri dengan tahap persiapan pembelajaran PAI dan BP, 2) pelaksanaan strategi pembelajaran aktif, inovatif dan menyenangkan (AIM) mata pelajaran PAI dan BP kelas IX SMP 1 Negeri Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan dilakukan melalui tiga tahap. Tahap yang pertama membuka pelajaran PAI dan BP. Tahap yang kedua menyampaikan materi pelajaran PAI dan BP yang dikolaborasikan dengan metode pembelajaran, media pembelajaran, pengelolaan kelas dan membangun interkasi belajar PAI dan BP. Tahap yang ketiga menutup kegiatan pelajaran PAI dan BP dengan memberikan nilai kepada peserta didik yang aktif, refleksi, mengingatkan pelaksanaan ulangan harian pada pertemuan selanjutnya diakhiri dengan membaca do’a bersama, 3) evaluasi strategi pembelajaran aktif, inovatif dan menyenangkan (AIM) mata pelajaran PAI dan BP kelas IX SMP Negeri 1 Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan dilakukan melalui dua tahap. Tahap yang pertama melaksanakan ulangan harian sebagai tahap evaluasi proses. Tahap yang kedua menyusun laporan penilaian peserta didik SMP Negeri Winongan Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Aditya Adi Purwanto
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:37
Last Modified: 14 Jun 2022 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7413

Actions (login required)

View Item View Item