Utami, Indah Suci (2022) Penggunaan media pembelajaran matematika dalam model blended learning di kelas 1-D excellent MI Ar-roudhoh Patrang Jember tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
|
Text
SKRIPSI INDAH T20184078.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Indah Suci Utami, 2022: Penggunaan media pembelajaran matematika dalam model blended learning di kelas 1-D excellent MI Ar-Roudhoh Patrang Jember Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci : Media Pembelajaran Matematika, Model Blended Learning.
Media pembelajaran matematika dalam model blended learning adalah sebuah alat bantu komunikasi dalam menyampaikan pembelajaran matematika ketika dilaksanakan secara kombinasi antara pembelajaran yang dilaksanakan secara daring dengan luring.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana penggunaan media pembelajaran matematika dalam model blended learning di kelas 1-D excellent MI Ar-roudhoh Patrang Jember tahun pelajaran 2021/2022?, dan 2). Bagaimana tahapan-tahapan penggunaan media pembelajaran matematika
dalam model blended learning di kelas 1-D excellent MI Ar-roudhoh Patrang Jember tahun pelajaran 2021/2022?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran matematika dalam model blended learning di kelas 1-D excellent MI Ar-roudhoh Patrang Jember tahun pelajaran 2021/2022, dan 2). Untuk mendeskripsikan tahapan-tahapan penggunaan media pembelajaran matematika dalam model blended learning di kelas 1-D excellent MI Ar-roudhoh Patrang Jember tahun pelajaran 2021/2022.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Pemilihan Subyek penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi moderat serta observasi terus terang atau tersamar, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif model Miles, Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1). Penggunaan media pembelajaran matematika dalam model blended learning di kelas 1-D excellent yang meliputi: a). Perencanaan pembelajaran luring dan daring yang terdiri dari penyusunan perangkat pembelajaran berupa pengembangan RPP, Silabus, mempersiapkan media berupa pemilihan media dan pembuatan video pembelajaran (pada pembelajaran daring); b). Pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari pelaksanaan pembelajaran daring dan luring. Adapun pelaksanaan pembelajaran luring dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbasis media realia yang diawali dengan salam pembuka, kemudian menyampaikan tujuan pembelajaran, dilanjut dengan penyampaian materi dan media pembelajaran, setelah itu guru melakukan evaluasi dengan memberikan tugas kepada siswa dan pemberian reward “Akulah Sang Bintang” bagi siswa yang dapat menyelesaikan tugasnya. kemudian menutup pembelajaran luring dengan membaca do’a. setelah berlangsungnya pembelajaran luring dilanjut dengan pembelajaran daring dengan mengemas pembelajaran luring menjadi video pembelajaran yang disampaikan melalui whatsapp grup; c). Evaluasi yang dilakukan oleh guru kelas excellent berupa penugasan baik pada saat luring
dengan dampingan guru maupun pada saat daring dengan dampingan orang tua. 2). Tahapan-tahapan penggunaan media pembelajaran matematika dalam model blended learning di kelas 1-D excellent meliputi: a). Tahapan penggunaan media pembelajaran matematika berbasis benda realia yang dilaksanakan secara luring/PTMT sebagai berikut: a.1). Guru memilihan media, a.2). Guru membuka pembelajaran dengan memberikan motivasi, a.3). Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, a.4). Guru menyampaikan materi dan media pembelajaran yang digunakan, a.5). Guru memberikan contoh penggunaan media, a.6). Guru mengarahkan siswa untuk menirukan, dan a.7). Guru melakukan evaluasi; Dan b). Tahapan dalam penggunaan media pembelajaran matematika berbasis audio visual yang dilaksanakan secara daring/PJJ sebagai berikut: b.1). Guru memilih
media; b.2). Guru membuat video pembelan dengan mempersiapkan alat dan bahan yang digunakan, materi yang akan disampaikan, dan penugasan; b.3). Proses perekaman video pembelajaran; b.4). Penyampaian video melalui group
whatsapp; dan b.5). Pengumpulan tugas dengan jangka waktu yang ditetapkan guru.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | INDAH ICUS SUMIYATUN |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 04:04 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 04:04 |
| URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7419 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
