Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mastery Learning (belajar tuntas) terhadap hasil belajar Ips di MTs Miftahul Ulum Suren Tahun Pelajaran 2021/2022.

Farin Nur Azizah, - (2021) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mastery Learning (belajar tuntas) terhadap hasil belajar Ips di MTs Miftahul Ulum Suren Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
Farin Nur Azizah_T20179048.pdf

Download (6MB)

Abstract

Farin Nur Azizah, 2021 : Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mastery Learning (belajar tuntas) terhadap hasil belajar Ips di MTs Miftahul Ulum Suren Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci: Model Pembelajaran Mastery Learning, Hasil Belajar Ips. Perkembangan ilmu pengetahuan mendorong guru untuk merubah proses di dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPS, guru harus pandai menggunakan metode yang memberi keaktifan pada siswa dan pemahaman pada siswa. pada perkembangan pendidikan banyak siswa tidak memahami tujuan pembelajaran yang di berikan oleh guru. Maka dari itu guru harus menggunakan model di dalam pembelajaran agar siswa mencapai tujuan pembelajaran yang di harapkan. Observasi yang dilakukan di MTS Miftahul Ulum Suren diketahui proses belajar mengajar di kelas VII yaitu Model yang diterapkan oleh guru tidak terlalu memperhatikan ketuntasan belajar siswa, saat proses belajar mengajar berlangsung pendidik hanya fokus terhadap penyelesaian materi tanpa mempertimbangkan ketuntasan belajar siswa, pemahaman siswa tidak menyeleksi secara mutlak mengenai tingkat ketercapaian tujuan instruksional yang dibuat Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran mastery learning (belajar tuntas) terhadap hasil belajar Ips di MTs Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember Tahun pelajaran 2021/2022?. Penelitian ini bertujuan : Untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran mastery learning (belajar tuntas) terhadap hasil belajar IPS di MTs Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember Tahun pelajaran 2021/2022. Metode yang di gunakan yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian Quaisy Experimental Design yang memiliki kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII B dan VII C. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa soal test (pretest posttest) yang berbentuk pilihan ganda. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu teknik dokumentasi. Teknik analisis yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu teknik statistik deskriptif dengan uji hipotesis menggunakan uji korelasi Product Momen. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test yang di peroleh bahwa nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikasi atau nilai sig (2-tailed) < 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan jika Hipotesis alternative (Ha) di terima. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan : Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode pembelajaran mastery learning (Belajar Tuntas) terhadap hasil belajar IPS kelas VII di MTs Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:21
Last Modified: 14 Jun 2022 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7421

Actions (login required)

View Item View Item