Implementasi Budaya Religius Sekolah di SMKN 1 Lumajang

Aliatul Fitriah, - (2021) Implementasi Budaya Religius Sekolah di SMKN 1 Lumajang. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
ALIATUL FITRIAH_T20171270.pdf

Download (7MB)

Abstract

Aliatul Fitriah, 2021. Implementasi Budaya Religius Sekolah di SMKN 1 Lumajang Kata kunci: Budaya Religius, Sekolah. Budaya religius adalah sekumpulan tindakan yang diwujudkan dalam perilaku, tradisi, kebiasaan sehari-hari dan simbol-simbol yang dipraktikkan berdasar agama, dalam konteks disekolah oleh kepala sekolah, guru, petugas admisnistrasi, peserta didik dan masyarakat sekolah. Maka dari itu, SMKN 1 Lumajang menerapkan budaya religius dalam membentuk warga sekolah khususnya siswa yang mempunyai akhlaqul karimah dan sesuai dengan visi misi sekolah yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi budaya religius sekolah di SMK Negeri 1 Lumajang? 2) Bagaimana religiusitas siswa setelah implementasi budaya sekolah di SMKN 1 Lumajang? 3) Apa saja faktor pendukung dam penghambat yang dihadapi SMK Negeri 1 Lumajang dalam mengimplementasi budaya religius sekolah? Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan implementasi budaya religius sekolah di SMK Negeri 1 Lumajang, 2) Untuk mengetahui bagaimana religiusitas siswa SMKN 1 Lumajang setelah mengimplementasikan budaya religius sekolah, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan budaya religius sekolah di SMK Negeri 1 Lumajang. Penelitian menggunakan analisis metode Miles dan Huberman (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1. Implementasi dalam pelaksanaan budaya religius sekolah di SMKN 1 Lumajang antara lain adalah (3S), Tadarus Al-Qur’an dan istighosah sebelum pembelajaran di mulai, Salat Duhur Berjamaah, Salat Dhuha berjamaah, pengajian Bulanan, pesantren Kilat, Peringatan Hari Besar Islam, dll. 2. Religius siswa setelah mengimplementasikan kegitan budaya religius sekolah di SMKN 1 Lumajang yaitu terlihat dari sikap dan perilaku siswa, lulusan dari SMKN 1 Lumajang yang diterima dari beberapa perguruan tinggi. Religius siswa setelah mengimplementasikan juga terlihat dari berubahan siswa yang selalu melakukan kegiatan religius tanpa diperintah 3. Faktor pendukung di SMKN 1 Lumajang sendiri faktornya ada pada sekolah, siswa, dan orangyua atau wali murid siswa. Untuk faktor penghambat sendiri adalah dipengaruhi oleh faktor dari sekolah, siswa, dan keadaan atau kondisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:40
Last Modified: 14 Jun 2022 07:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7427

Actions (login required)

View Item View Item