Strategi Memperoleh Kepercayaan Pelanggan Melalui Pemenuhan Standarisasi Jaminan Produk Halal Di UD. Matrix Jaya Jember

Aisyah Putri Berliana, Machfudz (2022) Strategi Memperoleh Kepercayaan Pelanggan Melalui Pemenuhan Standarisasi Jaminan Produk Halal Di UD. Matrix Jaya Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aisyah Putri Berliana Machfudz-2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kehalalan suatu produk merupakan hal yang mendasar yang menjadi kebutuhan wajib bagi setiap konsumen. Islam sangat memerhatikan kebaikan, kesehatan, dan kesejahteraan umatnya. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi keadaan tubuh kita baik secara langsung maupun tidak ialah makanan dan minuman. Oleh karena itu produk halal mendapat perhatian lebih dalam islam. Dalam sistem perdagangan Internasional masalah sertifikasi dan penandaan kehalalan suatu produk mendapat perhatian lebih, baik dari segi memberikan perlindungan terhadap konsumen muslim di seluruh dunia sekaligus sebagai strategi menghadapi tantangan global. Di Indonesia sendiri sudah terbentuk peraturan perundang-undangan jauh sebelum munculnya Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UUJPH), dengan adanya peraturan tersebut, semakin mempertegas betapa pentingnya persoalan halal-haram dalam rantai produksi.
Berdasarkan pemaparan latar belakang masalah di atas, maka penulis merumuskan beberapa permasalahan yang menarik untuk dikaji dan dianalisis, diantaranya: 1) bagaimana strategi pemenuhan standarisasi jaminan produk halal UD. Matrix Jaya Jember?, 2) bagaimana strategi memperoleh kepercayaan pelanggan melalui pemenuhan standarisasi jaminan produk halal di UD. Matrix Jaya Jember?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali atau mencari data dan informasi yang berhubungan dengan strategi memperoleh kepercayaan pelanggan melalui pemenuhan standarisasi jaminan produk halal di UD. Matrix Jaya Jember. Sesuai dengan permasalahan yang telah dikemukakan, tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan pemenuhan standarisasi jaminan produk halal di UD. Matrix Jaya Jember. 2) mendeskripsikan kepercayaan pelanggan terhadap standarisasi jaminan produk bersertifikat halal pada UD. Matrix Jaya Jember.
Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang didapat adalah 1) Pemenuhan standarisasi jaminan produk halal yang ada di UD. Matrix Jaya Jember sudah sesuai dengan 11 kriteria Sistem Jaminan Halal. 2) Sertifikat halal menjadi strategi utama UD. Matrix Jaya dalam mendapatkan kepercayaan pelanggan. Membentuk integritas para pekerja dengan cara selalu mengutamakan kejujuran, konsistensi, niat, dan hasil yang sesuai dalam menghasilkan produk.

Kata Kunci : Strategi, Kepercayaan Pelanggan, Jaminan Produk Halal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140203 Economic History
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics
Depositing User: Ms Aisyah Putri Berliana Machfudz
Date Deposited: 14 Jun 2022 07:54
Last Modified: 14 Jun 2022 07:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7428

Actions (login required)

View Item View Item