Pengembangan Booklet Digital Submateri Mamalia Berdasarkan Hasil Identifikasi Kelelawar Pemakan Buah Di Lingkungan Kampus Uin Khas Jember Untuk Siswa Kelas X Ipa Sman Rambipuji Jember

Ali Yafi, - (2021) Pengembangan Booklet Digital Submateri Mamalia Berdasarkan Hasil Identifikasi Kelelawar Pemakan Buah Di Lingkungan Kampus Uin Khas Jember Untuk Siswa Kelas X Ipa Sman Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
ALI YAFI_T20178080.pdf

Download (11MB)

Abstract

Ali Yafi. 2021: Pengembangan Booklet Digital Submateri Mamalia Berdasarkan Hasil Identifikasi Kelelawar Pemakan Buah Di Lingkungan Kampus Uin Khas Jember Untuk Siswa Kelas X Ipa Sman Rambipuji Jember Kata Kunci : Booklet digital, Identifikasi, Kelelawar. Media pembelajaran merupakan alat yang dapat diberikan kepada siswa untuk memperoleh informasi, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dalam belajar. Berdasarkan hasil analisis karakteristik siswa, 97,6% dari 40 siswa lebih tertarik memahami materi jika penyajian media pembelajaran didominasi gambar dan 90% siswa menyukai media pembelajaran dalam bentuk digital. Booklet menjadi pilihan sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa karena bentuknya yang sederhana, banyak warna, serta banyak gambar untuk ditampilkan. Dari hasil observasi di kelas X IPA SMAN Rambipuji, diketahui bahwa 95% siswa mengalami kesulitan pada materi mamalia, hal ini disebabkan karena luasnya pembahasan materi mamalia dan adanya istilah biologi serta nama ilmiah organisme. Topik bahasan dalam media pembelajaran juga penting untuk diperhatikan untuk menarik minat baca siswa. Lingkungan kampus UIN KHAS Jember memiliki berbagai pohon buah seperti mangga, kersen, pepaya yang merupakan makanan kelelawar. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai topik materi booklet, mengingat kelelawar merupakan salah satu hewan mamalia, namun masih jarang dikembangkan untuk media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk 1) mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran booklet digital berdasarkan hasil identifikasi kelelawar pemakan buah (Pterepodidae) dilingkungan kampus UIN KHAS Jember untuk kelas X SMA Rambipuji dan 2) untuk mendeskripsikan respons siswa terhadap media pembelajaran booklet digital berdasarkan hasil identifikasi kelelawar pemakan buah (Pterepodidae) dilingkungan kampus UIN KHAS Jember untuk kelas X SMA Rambipuji. Jenis penelitian yang digunakan merupakan Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Rambipuji, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar angket. Dalam penelitian ini menggunakan 2 validator ahli materi, 2 validator ahli media, dan 1 Guru Biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 94,9% dengan kriteria sangat valid, rata-rata hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 95% dengan kriteria sangat valid, validasi guru memperoleh persentase sebesar 98% dengan kriteria sangat valid dan untuk rata-rata angket respons siswa diperoleh hasil sebesar 92,1% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 15 Jun 2022 02:51
Last Modified: 15 Jun 2022 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7464

Actions (login required)

View Item View Item