Inayah, Darul (2022) Studi Komparasi Nilai Utilitas Masker Dan Kosmetik Berdasarkan Trend Penjualan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Darul Inayah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kosmetik merupakan komoditas ekonomi yang dinilai memiliki trend
penjualan yang tinggi. Namun pada tahun 2020 trend penjualan kosmetik
menurun disebabkan oleh pandemi Covid-19 Effect yang satunya adalah Work From Home (WFH). Hal tersebut menyebabkan turunnya trend penjualan yang linier dengan trend kebutuhan kosmetik pada masa pandemi ini. Sisi lain, Masker menjadi komoditas ekonomi yang memilik trend penjualan cukup tinggi di masa pandemi Covid-19. Hal ini juga menunjukkan bahwa fenomena perilaku masyarakat Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan dalam memilih barang yang dibeli atau dikonsumsi berdasarkan tingkat kegunaan dan kepuasan pembeli (Utilitas) dapat mempengaruhi trend pejualan suatu komoditas tertentu.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti memfokuskan penelitian
dengan lingkup yaitu : 1. Bagaimana trend penjualan masker dan kosmetik pada masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah BumbuKalimantan selatan?, 2. Bagaimana nilai utilitas masker dan kosmetik berdasarkan trend penjualan pada masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Batulicin KabupatenTanah Bumbu Kalimantan Selatan ?
Sesuai fokus penelitian, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dari
penelitian ini. Tujuan tersebut antara lain untuk mengetahui trend penjualan
masker dan kosmetik pada masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Batulicin
Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan selatan dan untuk menganalisis nilai utilitas masker dan kosmetik berdasarkan trend penjualan pada masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan SelatanPeneliti ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive yaitu pertimbangan memilih informan yang dianggap mengetahui informasi terkait permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil peneliti ini adalah: 1. Selama masa pandemi covid-19 tren penjualan masker menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 sedangkan trend penjualan kosmetik sebelum masa pandemi dapat dikatakan tinggi namun terdapat penurunan yang pada awal masa pandemi. Pada tahun kedua pandemi Covid-19 tren penjualan masker dan kosmetik berangsur-angsur membaik dan stabil seperti sebelumnya. 2. Tren penjualan masker dan kosmetik sangat dipengaruhi oleh nilai utilitas dari sudut pandang konsumen. Tren penjualan yang berubah-ubah diakibatkan oleh persepsi
konumen terhadap nilai utilitas suatu produk. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi konsumen terhadap nilai utilitas masker dan kometik mempengaruhi tren penjualan.
Kata Kunci: Kosmetik, masker, Nilai Utilitas dan Trend penjualan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory |
Depositing User: | Ms Darul Inayah |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 06:25 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 06:25 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7468 |
Actions (login required)
View Item |