Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pempembelajaranan Siswa Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 Panti Tahun Pelajaran 2020/2021.

Nur Azizah Risqiyanti, - (2021) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pempembelajaranan Siswa Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 Panti Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

[img] Text
Nur Azizah Risqiyanti_T20174068.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nur Azizah Risqiyanti, 2021: Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pempembelajaranan Siswa Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Serut 06 Panti Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: strategi guru, kualitas pembelajaran siswa, pandemi covid-19 Penelitian dalam skripsi ini didasari oleh pengaruh yang timbul selama masa pandemi covid-19 yang terjadi pada bidang pendidikan yang mengakibatkan kualitas pembelajaran siswa menurun, oleh karena itu kualitas pembelajaran siswa harus ditingkatkan dengan menciptakan suatu strategi pempembelajaranan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi dilingkungan selama masa pandemi covid-19. Oleh sebab itu penulis meneliti bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa selama masa pandemi covid-19 di MI Al Fattah Serut 06 Panti. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana strategi guru, hambatan strategi guru dan pengaruh strategi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa selama masa pandemi covid-19 di MI Al Fattah Serut 06 Panti tahun pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan menganalisis strategi guru, hambatan strategi guru dan pengaruh strategi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa selama masa pandemi covid-19 di MI Al Fattah Serut 06 Panti tahun pelajaran 2020/2021. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dari kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dan verivikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Strategi guru dalam meningkatkan kualitas pempembelajaranan siswa selama masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Serut 06 Panti tahun pelajaran 2020/2021 yaitu berupa strategi dengan sistem luring (luar jaringan) dengan tempat pelaksanaan yang berbeda yang pertama dilaksanakan di rumah guru dan di musholla dan yang kedua dilaksanakan di sekolah. Dari kedua sistem tersebut strategi pempembelajaranan yang digunakan yakni menggunakan strategi ekspositori dengan metode pempembelajaranan wawancara yang dikombinasikan dengan metode lain seperti metode tanya jawab dan penugasan. 2) Hambatan strategi guru dalam meningkatkan kualitas pempembelajaranan siswa masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Serut 06 Panti yaitu dapat dikelompokkan kedalam dua faktor antara lain faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari diri siswa sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar siswa. 3) Pengaruh strategi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Serut 06 Panti tahun pelajaran 2020/2021 yakni pengaruh yang positif. Terbukti dari rasa nyaman yang guru dan siswa rasakan dalam proses pempembelajaranan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:52
Last Modified: 15 Jun 2022 03:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7469

Actions (login required)

View Item View Item