Ferawati, - (2021) (FILE SCAN SEMUA ) Implementasi Metode Komtal pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB ABCD PGRI 2 Jajag. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
FERAWATI_T20171041.pdf Download (30MB) |
Abstract
Ferawati. 2021. Implementasi Metode Komtal pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB ABCD PGRI 2 Jajag. Kata Kunci: Metode Komtal dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian tentang implementasi metode komtal pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB ABCD PGRI 2 Jajag menarik untuk dikaji secara mendalam. Pada UU No 8 Tahun 2016 pasal 41 ayat (1) menjelaskan bahwa penyandang disabilitas berhak mendapatkan pengakuan dan dukungan atas identitas budaya dan bahasa. Di SMPLB ABCD PGRI 2 Jajag menggunakan sebuah metode komunikasi yang khusus digunakan untuk siswa tunarungu, yaitu metode komtal. Metode komtal merupakan suatu cara berkomunikasi dengan memanfaatkan sisa pendengaran, isyarat, oral, ejaan jari, dan komponen lainnya dalam komtal. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode komtal (komunikasi total) dengan komponen manual pada pembelajaran PAI di SMPLB ABCD PGRI 2 Jajag?, 2) Bagaimana implementasi metode komtal (komunikasi total) dengan komponen oral pada pembelajaran PAI di SMPLB ABCD PGRI 2 Jajag?. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode komtal (komunikasi total) dengan komponen manual pada pembelajaran PAI di SMPLB ABCD PGRI 2 Jajag., 3) Untuk mendeskripsikan implementasi metode komial (komunikasi total) dengan komponen oral pada pembelajaran PAT di SMPLB ABCD PGRI 2 Jajag.Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif bertujuan untuk mendeskripsikan, memaparkan, dan memetakan fakta-fakta yang terdapat di lapangan tentang Implementasi metode kkomtal pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPLB ABCD PGRI 2 Jajag. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana meliputi | Data — Condensation, ” Data | Display, — dan Conclusion Drawing/Verification. Untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Implementasi metode komtal pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada komponen manual diterapkan oleh 'guru dengan isyarat formal dan ejaan jari. Namun guru lebih sering menggunakan isyarat formal saat proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan penggunaan kkomtal pada komponen manual yang diterapkan oleh siswa yaitu dengan isyarat alami. Ejaan jari yang dilakukan oleh guru hanya ketika guru memanggil siswa disertai dengan menepuk bahu siswa. 2) Implementasi metode komtal pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada komponen oral dilakukan oleh guru kepada siswa secara gerakan lisan dan membaca ujaran, Berkomunikasi secara gerakan lisan dilakukan oleh guru maupun wali siswa kepada siswa tunarungu yang masih memiliki sisa pendengaran dan kepada siswa tunarungu total. Sedangkan membaca ujaran yang dilakukan guru dan siswa tunarungu yaitu dengan memperhatikan lisan dan isyarat lawan bicara ketika berkomunikasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 03:41 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 03:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/7493 |
Actions (login required)
View Item |